Yang Patut Disyukuri di 2017

Loading ke 2018 tinggal menunggu beberapa jam lagi. Sepanjang 2017 ini sudah ngapain aja? Gimana dengan resolusi-resolusi yang digebu-gebukan di awal tahun, semua tercapai? Atau sudah untung karena ada salah satu yang tercapai? lol.

Saya baru tersadar ketika sedang memikirkan akan menulis hal-hal yang sudah saya capai di tahun 2017, bahwa kita (lebih tepatnya saya) sering kurang bersyukur atas hal-hal sukses dan bahagia yang kita terima karena kita melupakan semuanya dan tidak membuat benchmark terhadap diri sendiri di masa lalu. Orang bijak bilang, jangan pernah mengukur diri sendiri dengan orang lain tapi ukurlah diri kita yang sekarang dengan yang dulu, ada kemajuan apa, ada pertumbuhan apa. Tapi gimana mau bisa ngukur kalau kita tidak punya data apa aja yang sudah kita campai dan perbedaannya di mana dari masa-masa sebelumnya? Dari situ saya jadi semakin yakin kalau saya ini masih kurang rasa syukurnya kepada Sang Pencipta.

Launching Ebook Vim

Tahun 2016 saya memutuskan untuk belajar vim, text editor jadul yang katanya dewa karena nyatanya bisa bertahan sampai saat ini dan memiliki fanbase garis keras lol. Tidak berlebihan rasanya kalau vim merupakan salah satu investasi terbaik saya di tahun itu. Soal cerita saya belajar vim sudah pernah saya ceritakan dalam banyak tulisan yang bisa dibaca di sini, di sini dan di sini.

Di tahun itu juga saya memutuskan untuk menulis ebook Vim untuk Semua dengan alasan karena memang dari lama saya ingin menulis ebook IT dan juga disebabkan saya merasa perlu bagi orang-orang untuk tahu kalau vim bisa membuat hidup kita sebagai programmer lebih menyenangkan. Jadi sambil belajar vim lebih dalam saya menulis ebook dan hasilnya alhamdulillah πŸ™‚

Saya masih ingat, ebook ini pertama kali mendapatkan pembeli di malam tahun baru 2017 yang pada waktu itu saya gunakan sistem pre-order. Alhamdulillah sampai saat ini sudah ada 200 orang lebih yang belajar vim bareng saya melalui ebook Vim untuk Semua.

Di penghujung tahun ini saya merencanakan untuk rekaman screencast Vim untuk Semua yang saya jadikan pelengkap ebook. Target rilis ada di Q1 2018

Launching IDRails

Fiuhh akhirnya setelah tersendat-sendat dan luntang-lantung ga jelas, IDRails resmi saya launch di bulan April. Perkembangannya sampai saat ini menurut saya pribadi berada pada kecepatan yang lumayan. Dikatakan lambat enggak, cepat juga enggak.

Saat tulisan ini saya rilis, sudah ada 17 series dan 160 video, banyak kan? banyak dong hehe, alhamdulillah masih diberi kemampuan untuk produktif mencetak konten-konten edukasi IT.

PR besarnya masih ada saat ini. Pertama adalah jelas marketing, bagaimana supaya konten-konten IDRails jauh bisa lebih banyak dipelajari oleh mereka yang belajar pemrograman menengah ke atas. Pasar ini saya akui memang lebih sempit daripada menyasar mereka yang baru belajar pemrograman menggunakan PHP. Sudah banyak yang membahas PHP dan banyak yang membahas dari dasar sekali. Sudah saatnya ada yang sharing soal ilmu tingkat menengah ke atas.

PR kedua adalah bisa lebih banyak memproduksi materi. Dalam kurun waktu April sampai Desember ini 160 video dan 17 series menurut saya belum maksimal karena saya masih banyak menggunakan waktu yang tersedia untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Nah slot waktu itu bisa dipakai untuk membuat konten.

PR ketiga. Terus mencari bisnis model yang profitable dan sustainable 😁

Menikah

Resmi menjadi seorang suami, seorang kepala keluarga dan menantu.

Saya tipe orang yang terbiasa sendiri. Pergi ke mall sendirian? ga masalah. Nonton film di bioskop sendirian? no problemo juga. Saya yakin buat orang yang tipe selalu harus beramai-ramai bersama kawan untuk hangout akan merasa awkward pergi sendirian.

Tapi itu semua dulu. Sekarang kemana-mana berdua dengan istri. Uhuyy

Liburan di Bali

Terakhir saya di Bali adalah tinggal di sana sepanjang Februari-April 2014. Lumayan lama untuk dikategorikan berwisata atau liburan tapi sangat singkat untuk dikatakan menetap. Terus ngapain saya di sana 2 bulan? Ceritanya panjang.

Pada intinya selama waktu 2 bulan itu saya betah sekali tinggal di Bali dan banyak kenangan yang menyenangkan di sana termasuk masa-masa saya rajin olahraga haha. Saya ingat, dulu setiap Selasa dan Kamis sore saya selalu lari-lari di Pantai Kuta. Kemudian hari Sabtu pagi main voli pantai di Pantai Kuta bareng teman-teman dan Minggu pagi tenis lapangan. Masa di Bali inilah saya sukses diet dari berat badan 89kg menjadi sekitar 75kg. Waah banyak deh kenangannya.

Makanya kemarin berlibur ke sana dalam rangka honey moon sangat seneng, merasa sudah familiar dengan Bali. Ke mana-mana cukup sewa motor karena saya sudah paham daerah-daerah wisata yang ada di Bali. So far masih penasaran sih untuk bisa stay di Bali dalam waktu yang cukup lama. Minimal 3 bulan gitu sambil kerja remote membesarkan bisnis sendiri.

Jadi Speaker di Geekcamp

A really great experience! Ini pertama kalinya saya ngomong di depan umum. Geekcamp sendiri adalah event IT yang bisa dibilang besar. Bangga bisa jadi salah satu speaker di acara ini.

Ada hal yang cukup mengagetkan yaitu saya baru tahu kalau saya jadi pembicara setelah melihat rundown acaranya. Jadi sebelumnya tidak ada email dari panitia sama sekali. Gimana kalau saya baru lihat rundown-nya 1-2 hari sebelum acara di mulai 😐

Di acara ini saya ngobrol soal Vim. Surprisingly yang hadir banyak yang ketawa karena lelucon-lelucon yang saya hadirkan padahal banyak lelucon yang datangnya spontan. Saya rasa nge-screencast meningkatkan skill ngomong saya dengan sangat drastis.

Membuka Online Course

Best achievement saya untuk bidang bisnis sampai saat ini. Simply karena bisnis yang saya punya cuma baru 2, jualan ebook dan online course ini.

Alhamdulillah sudah jalan 3 batch dan batch ke-4 sedang jalan.

Info lengkap online course

Peningkatan Karir

Alhamdulillah di tahun ini saya sudah dipercaya untuk mereview kode teman-teman yang satu tim dengan saya dan juga saya sudah dikasih akses ke production.

Dengan adanya 2 hal di atas artinya tanggung jawab saya nambah dan tentunya gaji juga nambah hahaha. Dengan mereview kode, saya sekaligus menjadi lebih banyak belajar dan memiliki akses ke production artinya saya bisa berkontribusi lebih di perusahaan.

Jadi Speaker di Ruby Meetup

Setiap bulan, komunitas Ruby di Jakarta mengadakan meetup membahas Ruby itu sendiri atau pun teknologi-teknologi yang lain. Waktu itu saya ikut berpartisipasi dengan ngasih topik vim dasar.

Pembicara di RubyConf Indonesia

Sepanggung dengan Koichi Sasada πŸ˜€

Cerita lengkap bakal saya buat blog post terpisah.

Liburan Keluarga di Jogjakarta

Alhamdulillah diberi rejeki untuk bisa ngajak jalan-jalan keluarga saya berlibur di Jogjakarta. Cerita lengkap ada di blog istri saya.

Rutin Ngeblog

Dengan mengikutsertakan tulisan ini berarti sepanjang 2017 saya telah menulis sebanyak 24 blog post. Artinya rata-rata dalam sebulan sanggup menghasilkan 2 tulisan. Wow sejujurnya saya terkejut sendiri karena yang saya rasakan adalah saya tidak maksimal menulis.

Mungkin karena sudah terbiasa menulis ya jadi menghasilkan 24 tulisan setahun terasa under perform padahal kalau dibandingkan dengan yang lain ya sudah banyak sekali. Tapi kan balik lagi, jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain πŸ€ͺ

Lalu kamu, iya kamu, kapan mau sharing lewat blog atau vlog? Mau dipakai sendiri ilmunya? Tentu enggak kan hoho.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *