Proyekan Nulis Buku

Kalau kamu berteman dengan saya di facebook maka besar kemungkinannya kamu sudah tahu kalau saya saat ini sedang menulis 2 buah buku. Aslinya sih 3 tapi yang ketiga ini tidak saya buat rame-rame dulu.

Kemungkinan lainnya adalah kamu sudah tahu buku apa saja yang saya sedang tulis karena begitu masuk ke halaman ini sudah saya sodorkan iklannya. Pun di sebelah kanan tulisan ini kamu bisa melihatnya ?

Vim untuk Semua

Yup, yang pertama adalah buku Vim untuk Semua yang membahas penggunaan dasar vim serta penggunannya untuk ngoding. Buku ini sangat cocok bagi mereka yang ingin belajar vim dan memang pengetahuan tentang vim masih belum ada alias nol maupun yang sudah bisa vim tetapi ingin tahu vim dengan lebih lanjut. Buku ini akan mengajari kamu dari tingkat yang paling dasar seperti pengenalan mode yang ada di vim, cara menyimpan berkas, navigasi dasar, hingga ke topik yang mulai advance seperti navigasi tingkat lanjut, window, buffer dan yang paling menyenangkan adalah saya juga membahas penggunaan plugin-plugin yang akan semakin membuat proses ngoding kita menjadi efisien.

Status buku ini saat artikel ini saya tulis adalah sekitar 95%, artinya sebentar lagi selesai. Malah sudah sampai bab akhir dan nanti dilanjutkan dengan proses editing serta penambahan kata pengantar dan halaman persembahan, tak ketinggalan pendahuluan.

Dengan status buku ini yang masih on progress, saya menjualnya dengan harga diskon yang besar yaitu 33%!. Artinya dengan harga nantinya adalah 150 ribu kamu bisa mendapatkannya sekarang hanya dengan 100 ribu, enak kan? Lumayan banget diskon 50 ribu bisa buat beli makanan haha.

Selain itu, sekali kamu beli buku ini kamu akan dapat update gratis selamanya tiap kali saya melakukan pengubahan pada buku ini. Update yang akan dilakukan seputaran perbaikan pada typo, penggantian kalimat yang membingungkan menjadi yang lebih mudah dimengerti dan yang paling menarik, tambahan materi hehehe. Semakin saya jago vim karena dapat ilmu baru maka akan saya tuliskan juga di buku Vim untuk Semua.

Setelah beli buku ini pun kamu boleh bebas bertanya ke saya soal materi vim yang dibahas di buku. Mau bertanya soal dunia developer juga boleh, asal jangan curhat soal jodoh saja ?

Bagaimana? Tertarik?

Silakan langsung ikuti cara pembelian di halaman ini

Kalau masih kurang yakin bisa dicoba baca sampelnya atau langsung ngobrol dengan saya, pasti saya layani dengan asik ?

PHP untuk Semua

Buku kedua adalah PHP untuk Semua. Buku ini saya tujukan untuk mereka yang belum mengerti pemrograman sama sekali dan punya niat kuat untuk mempelajarinya. Pembahasan yang dari dasar dengan bahasa serta contoh kasus yang mudah dimengerti membuat buku ini layak dimiliki lho kalau mau bisa pemrograman web.

Sengaja saya pilih bahasa PHP karena bahasa ini yang paling populer di Indonesia dan cukup mudah dipelajari bagi pemula.

Berbeda dengan buku PHP pada umumnya di Indonesia yang membahas PHP kuno (salah satunya ditandai dengan masih menggunakan fungsi mysql_connect), buku ini akan berisi PHP yang modern! Mulai dari composer, OOP, pattern dan tidak ketinggalan pemrograman yang memanfaatkan database.

Oh iya buku ini fokusnya pada PHP meskipun begitu bagi kamu yang belum paham HTML dan CSS sama sekali pun masih tetap bisa mengikutinya karena di dalamnya juga sambil saya sampaikan tentang keduanya.

Status buku ini adalah sekitar 30%-40% dan oleh karenanya penjualannya belum saya mulai karena masih fokus di buku vim tadi. Sama dengan buku vim, saya akan mulai menjualnya meskipun bukunya belum selesai ditulis, sekitaran pada progress 50%, tentunya dengan harga yang diskon besar juga.

Saran saya sih kalau memang masih belum tahu soal pemrograman sama sekali atau sudah tahu tapi masih sedikit maka buku ini bisa menemani perjalananmu mengarungi dunia web development. Ingat, untuk tahu pemrograman itu kamu tidak bisa sendirian, mesti ada teman atau orang lain yang memberikan arah. Nah salah satu teman yang bisa dijadikan andalan adalah saya melalui tulisan saya di buku ini hehehe.

Buku Ketiga : Ruby (on Rails)

Nah akhirnya ketahuan juga buku ketiga yang sedang saya persiapkan. Buku yang selanjutnya ini akan menyasar Ruby, mainan sehari-hari saya dan besar kemungkinannya akan lari ke Ruby on Rails juga. Tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas Rails juga karena di Ruby untuk urusan web yang jadi andalan ya Rails ini.

Sedikit cerita ke belakang. Aslinya buku ini saya garap terlebih dahulu sebelum buku Vim dan PHP. Akan tetapi, karena waktu itu baru pertama nulis buku maka masih sering mood-nya ilang. Dan saat ilang itu justru kepikiran nulis buku yang lain yaitu vim yang pada akhirnya malah saya prioritaskan terlebih dahulu.

Sejujurnya saat nanti buku Vim sudah kelar saya lebih ingin melanjutkan yang Ruby dulu daripada PHP tetapi kalau dilihat pasarnya jelas lebih menarik yang PHP, you know what I mean hehehe

Kenapa Saya Menulis Buku ?

Saya menulis buku sudah jelas bukan karena perbuatan iseng, buku yang saya tulis saya kerjakan dengan serius, oleh karenanya memang membutuhkan waktu untuk pengerjaannya karena saya tidak ingin hasilnya asal-asalan.

Kalau begitu alasannya apa?

Tidak berurutan, alasan saya menulis buku adalah berikut ini.

1. Senang menulis, senang berbagi ilmu
Saya memang tidak jago-jago amat urusan ngoding tapi saya suka berbagi ilmu yang saya ketahui. Yah pada titik tertentu pasti ada orang yang membutuhkan pengetahuan kita walaupun kita tahu banyak orang lain yang sebenarnya lebih jago. Tapi soal berbagi kan bukan soal siapa yang lebih jago?

Saya suka sekali membaca dan oleh karenanya suka juga menulis. Karena ilmu yang saya kuasai adalah seputar software development maka paling cocok ya nulis buku tentang itu.

Oh iya, salah satu amalan yang akan terus mengalir bagi seseorang adalah ilmu yang bermanfaat. Nah itu jadi motivasi juga.

Saya pernah menulis tentang ajakan untuk berkontribusi menyebarkan ilmu ngoding yang kita miliki supaya memajukan IT di Indonesia dalam tulisan berjudul Ngoding untuk Semua. Buku-buku yang saya tulis dan tulisan-tulisan di blog ini adalah bentuk nyata dari tulisan itu. Jadi ga omong doang haha.

2. Berkarya
Ketika ditanya kamu hidup sudah ngapain aja?, sudah bikin apa?, mana karyamu?, maka dengan sigap saya akan menunjukkan buku-buku yang saya tulis ?

Berkarya itu menyenangkan lho, meskipun memang tidak mudah tapi rewarding karena di dalamnya ada kebanggan tersendiri disebabkan berhasil membuat karya setelah melalui berbagai macam tantangan dan apalagi eh menghasilkan uang.

3. Uang yang didapat bisa untuk membeli buku
Dari hasil penjualan buku Vim untuk Semua yang sudah saya mulai, alhamdulillah dananya bisa saya gunakan untuk membeli buku-buku yang berkaitan dengan software development. Pengetahuan yang baru saya dapatkan dari buku-buku ini tentunya selain bermanfaat untuk saya sendiri juga bisa juga bermanfaat untuk orang lain kalau saya menuliskannya juga dalam bentuk buku lagi. Sehingga nanti prosesnya berputar, orang beli buku saya – saya dapat uang – uang jadi buku – buku jadi ilmu – ilmu jadi buku yang saya tulis – orang beli buku, begitu seterusnya.

Oleh karenanya kalau mau bantu saya nulis buku yang berkualitas dengan topik yang tidak ada di pasaran buku di Indonesia, silakan dukung saya dengan membeli buku-buku saya ?

Rencana ke depan

Langkan ke depan sudah sangat jelas, segera merampungkan buku vim kemudian fokus di marketingnya sekaligus melanjutkan buku kedua. Buku kedua ini masih saya timbang-timbang apakah akan merampungkan yang PHP untuk Semua atau justru mendahulukan buku Ruby. Hmm let’s see nanti ya lihat keadaan.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *