Perlengkapan Perang Nge-Screencast

Perkara nge-screencast, saya belum bisa bilang kalau saya ahli tapi saya berani bilang kalau saya sudah mampu membuat screencast dengan kualitas yang bagus. Bagus yang saya maksud yaitu kualitas video yang jernih, suara yang jelas serta lantang dan yang tidak boleh ketinggalan adalah cara menyampaikan materi yang singkat, padat dan jelas.

Rata-rata panjang video yang saya buat ada di angka 5 menit. Sengaja saya buat demikian karena pengalaman saya sendiri selalu merasa malas kalau harus menonton satu video yang membahas topik tertentu dengan panjang durasi >= 10 menit, melelahkan.

Mungkin karena kualitas screencast yang saya buat ini, beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan tentang alat apa saja yang saya gunakan buat rekaman. Dari pada saya bolak-balik jawab satu persatu alangkah baiknya kalau saya buatkan artikelnya.

Laptop

Jarang ditanyakan tetapi ada yang nanya laptop apa yang saya gunakan. Saya menggunakan laptop Macbook pro keluaran awal 2015 yang kapasitas SSD-nya 256GB. Kenapa saya memilih mac yang ini? Jawabannya ada di sini.

tutorial ruby indonesia

Software

Urusan software saya menggunakan screenflow. Software ini adalah piranti lunak berbayar dengan investasi sebesar $99. Saya waktu itu beli pas diskon black friday sebesar 20%, lumayan. Kalau mau beli, saya sarankan untuk menunggu pas black friday karena dapat potongan 20% atau sabar sedikit lagi sampai akhir tahun akan dapat diskon 30%. Saya amati screenflow memberikan diskon pada waktu-waktu tersebut.

Kenapa saya pakai software ini? Sederhana saja, karena sudah proven. Banyak screencaster di luar sana yang pakai ini. Jadi awalnya memang ikut-ikutan saja. Makin ke sini baru diketahui kalau editing video menggunakan software ini sangat mudah dan mengasyikkan.

Di mac sebenarnya ada quicktime yang bisa kita pakai untuk merekam layar juga. Tapi ya itu, ga ada aplikasi editingnya jadi kalau rekaman mesti benar-benar mantep ga ada kesalahan dan gangguan-gangguan yang tidak diinginkan lainnya.

Microphone

Nah yang ini perlengkapan perang yang paling banyak ditanyakan. Microphone yang saya gunakan mereknya Samson. Tipenya yang ini.

Setahu saya ini mic Samson paling murah jadi jangan buru-buru mengatakan “wah harganya mahal ya” karena ada harga ada kualitas. So far puas dengan kualitasnya. Suara jernih dengan harga yang ekonomis.

tutorial ruby on rails

Kesimpulan

Jadi ketiga alat di atas adalah apa yang saya gunakan untuk membuat screencast yang keren di IDRails.

Kalau kamu ada pertanyaan soal screencasting, misal bagaimana cara membuatnya, bagaimana cara menyiapkan materinya, bagaimana cara ngomongnya, silakan tanyakan langsung ke saya lewat facebook atau pun email. Nanti kita diskusi bareng 🙂

Saya akan merasa sangat senang kalau ada yang mau berbagi ilmu lewat screencast juga.

Salam koding.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *