Peluang Kerja Remote untuk Freelancer Pemula

Artikel ini merupakan artikel bersponsor dari Bitcatcha

Salah satu peluang yang semakin menarik minat khususnya di masa pandemi ini adalah peluang kerja freelance atau kerja remote.

Meskipun di Indonesia sendiri, pekerjaan sebagai freelancer belum bisa menggantikan posisi pekerja kantoran, tapi sejak masa pandemi, kerja remote semakin banyak peminatnya.

Mengapa kerja remote banyak menarik minat? Terutama karena job-job atau pekerjaan remote bisa dilakukan dari rumah tanpa harus ngantor. Tidak harus mengeluarkan uang bensin bulanan dan bermacet-macetan di jalan.

Tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan freelancer untuk menarik minat calon klien. antara lain, mempunyai portfolio yang cukup dan blog sebagai tempat dan sarana untuk menawarkan jasa atau service.

Cara membuat blog khusus freelancer

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan freelancer saat membuat blog yaitu:

  1. Blog harus mobile friendly.
  2. Fast loading, kecepatan loading blog bisa di tes dengan menggunakan tes kecepatan blog.
  3. Gunakan template atau tema blog yang simple dan clean.
  4. Kecepatan hosting.
  5. Navigasi terstruktur.
  6. Tampilkan elemen dan menu-menu penting saja.
  7. Konten pendukung.
  8. Portfolio.

 

Blog harus mobile friendly

Google mensyaratkan supaya tampilan blog harus mobile friendly atau ramah gadget. Karena sekarang ini, pengguna smartphone ditengarai lebih banyak daripada pengguna desktop.

Dengan demikian, semua aplikasi (termasuk blog anda) akan lebih banyak diakses menggunakan gadget. Kalau tema atau template blog yang anda gunakan tidak mobile friendly, tidak akan ada visitor atau bahkan tidak akan ada calon klien yang tertarik untuk mengunjungi blog anda. Akibatnya? Jasa atau service yang anda tawarkan tidak akan terjual.

 

Fast loading

Selain mobile friendly, faktor penting lainnya adalah, blog bisa diakses dengan cepat alias fast loading. Paling tidak, anda harus memilih web server dan hosting yang terpercaya agar situs blog mudah dan cepat diakses oleh banyak pengguna.

Anda bisa mengetes kecepatan hosting dan tes  kecepatan blog menggunakan Bitcacha.

Bitcacha adalah satu tim kecil yang berdiri di tahun 2014, yang bertujuan untuk membantu pemilik bisnis (small business) meningkatkan produktivitas dan pendapatan.

Template atau tema blog yang simple dan clean

Menggunakan tema premium memungkinkan untuk mengcustom tampilan blog sesuai keinginan. Tapi semisal belum ada budget atau dana yang cukup, bisa banget loh menggunakan tema yang free atau starter template yang mempunyai tampilan oke punya. Contohnya, Astra starter template.

Buat freelancer pemula, Astra starter template ini cocok banget karena tampilannya yang clean, banyak pilihan template dan bisa langsung onboarding.

 

Navigasi terstruktur

Tanpa perlu banyak mengubah menu dan navigasi, menggunakan tema starter Astra, anda sudah mendapatkan menu navigasi yang baik dan terstruktur. Tinggal mengisi halaman laman dan konten.

 

Elemen blog dan menu-menu penting

Tidak semua laman atau pages penting untuk ditampilkan di laman blog khususnya blog freelance.

Beberapa laman yang harus ada adalah laman home, blog, service, portfolio dan contact.

Usahakan untuk tidak memasukkan elemen atau laman yang tidak penting agar pengunjung blog dan calon klien tidak mudah terdistraksi.

 

Konten pendukung

Laman blog merupakan konten pendukung yang vital. Karena dengan adanya artikel, freelancer bisa mengoptimalkan blognya supaya lebih mudah ditemukan di mesin pencari Google.

Pelajari sedikit tentang ilmu SEO, agar calon klien lebih mudah menemukan blog anda sehingga jasa atau service yang anda tawarkan lebih mudah untuk ditemukan orang.

 

Pentingnya portfolio

Bagi freelancer, mempunyai portfolio bisa jadi salah satu alat untuk meyakinkan calon klien supaya tertarik untuk bekerja sama. Karena dengan adanya portfolio,  freelancer bisa menunjukkan bahwa dia sudah pernah mengerjakan project A, project B, dst dengan baik dan berhasil.

Dengan adanya portfolio, calon klien bisa melihat dan menilai sejauh mana kemampuan dan kapabilitas freelancer dalam menghandle job.

Cara menawarkan jasa dan service freelance

Meskipun blog sudah onboarding, kalau freelancer tidak pernah menawarkan jasa servicenya ke publik, publik dan calon klien akan kesulitan untuk menemukan jasa dan service yang ditawarkan.

Dengan begitu banyaknya situs blog sekarang ini (=kompetitor), freelancer harus aktif dan mengambil inisiatif untuk selalu menawarkan atau berpromosi tentang jasa dan service yang ditawarkan.

Beberapa cara hemat biaya (tanpa iklan) untuk promosi yang pantas dicoba adalah:

  1. Via media social
  2. Profile LinkedIn
  3. Sharing button di artikel blog
  4. Landing page
  5. Guest post
  6. Minta referensi dari teman
  7. Testimonial dari klien sebelumnya
  8. Join atau bergabung di freelance service marketplace (lokal maupun global)
  9. Bergabung dengan grup-grup FB dengan kategori atau interest yang sama

Terima kasih telah membaca. Jangan lupa untuk selalu mengikuti update-update artikel selanjutnya di blog ini.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Seorang Software Engineer di BukaLapak, penulis buku, blogger, gunpla builder, tech educator.
Simak pemikiran saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *