Nge-screencast Ternyata Lebih Gampang daripada Nulis Buku

Ihiiiy akhirnya saya sudah bisa bikin screencast. Belum super sih kualitasnya tetapi seneng lah akhirnya bisa juga bikin setelah terus menunda-nunda untuk memulai karena ya kata orang yang paling susah itu di memulainya.

Yang saya rasakan memang benar, awalnya susah, ragu-ragu karena denger suara sendiri aja rasanya awkward. Saya sudah beli software untuk rekam layar dan mengumumkan kalau mau bikin video tutorial dari akhir tahun 2015. Beli microphone 4-6 bulan yang lalu. Tapi ya itu, ga berani memulai-memulai. Ada aja alasannya.

Sampai akhirnya saya beranikan diri untuk membuatnya. Awalnya kacrut, suara di video pertama yang saya hasilkan terdengar suara bising kipas angin, maklum belum pengalaman, ternyata suara kipasnya ikut masuk haha. Makin ke sini makin tambah lah pengalaman. Contohnya di video yang terbaru, ukuran video sekarang sudah pas menggunakan ratio yang biasa dimiliki oleh video pada umumnya. Jadi ketika dimainkan tidak ada lagi layar hitam di samping kanan dan kiri.

Saya berkomitmen untuk menghasilkan MINIMAL satu video setiap satu minggu untuk IDRails. Di sela-sela jadwal rutin itu saya juga membuat course yang isinya screencast berseri. Saat ini baru selesai course Tmux yang sebentar lagi akan saya rilis. Setelah ini saya sudah menyiapkan materi tentang GIT.

Untuk IDRails sendiri saya juga bakal menyajikan video berseri tentang Ruby dari dasar karena saya menerima banyak masukan yang mengatakan sebaiknya diberi materi Ruby dasar dulu dan alangkah baiknya tutorialnya itu berupa urutan alias berseri sehingga strukturnya jelas. Oke siap.

Seri dasar seperti ini akan saya buat juga untuk Ruby on Rails. Istilahnya kalau dari Mas Hilman yang punya Sekolahkoding.com itu pintu masuk. Jadi yang pemula bisa ngikutin. Kalau ga bisa diikutin siapa yang bakal nonton video yang saya buat?, hehehe.

Selama ini saya juga nanya-nanya Mas Hilman perkara bikin video tutorial ini, saya anggap mentor deh Mas Hilman ini untuk urusan bikin situs video tutorial 🙂

Yang kemudian saya rasakan adalah, ternyata bikin screencast lebih gampang daripada bikin buku wkwk. Saya tahu susahnya nulis buku karena saya sudah menulis buku Vim untuk Semua. Begitu saya terjemahkan ke dalam bentuk video tutorial singkat di IDRails.com kok gampang ya rasanya. Saya rasa ada beberapa sebab.

1. Versi video saya buat lebih singkat.
2. Kenapa saya buat singkat karena dengan video kita bisa mencontohkan langsung yang bisa dilihat oleh mata jadi ga perlu banyak kata-kata.

Poin nomor 2 sih yang saya merasakan lebih gampangnya. Di buku itu harus detail penjelasannya supaya yang diterima oleh pembaca sama dengan apa yang ingin kita sampaikan. Kalau di video kan yang nonton bisa lihat sendiri gimana cara dan hasilnya.

Intinya saya seneng sudah bisa bikin video tutorial, tinggal maintain niatnya buat berbagi dan cari penghasilan. Ada course yang saya siapkan gratis dan ada pula yang dari awal sudah saya siapkan untuk jadi course berbayar dalam bentuk DVD untuk sementara ini, kerja sama dengan Mas Nuris dari Belajarphp.net Insya Allah.

Mohon dukungannya yes, tiap saya nge-post soal video tutorial atau tulisan di blog yang intinya berbagi ilmu, cukup like dan share itu sudah membantu buangeett lho, asli, nggak bohong. Dan saya rasa itu semua berlaku bagi siapa saja yang membuat sesuatu. Sedikit bantuanmu sangat berarti bagi creator. Dari pada nge-like dan nge-share berita hoax, “panas”, “sampah” mending like dan atau share hasil teman-temanmu yang butuh dukungan.

Oh iya kalau mau sudah niat berbagi tapi sampai sekarang belum jalan-jalan, yuk ngobrol bareng, Insya Allah saya bisa bantu sampai bisa berbagi lewat blog atau pun video tutorial 🙂

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *