Membuat Program Ruby Pertamamu

Intro

Belajar pemrograman di era ini sudah bukan lagi suatu kegiatan yang asing. Di samping karena banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan programming, materi untuk belajar juga sudah gampang sekali diakses. Gelar kuliah juga tidak wajib untuk belajar ilmu yang satu ini.

Tutorial pemrograman, biasanya diawali dengan membuat program sederhana Hello world yaitu suatu program yang hanya menampilkan tulisan, seringnya tulisan yang dipakai ya “Hello world” itulah kenapa programnya disebut program Hello world bukan yang lain. Kalau sekarang sih mau tulisannya apa aja asal itu tutorial pertama dan intinya cuma nampilin teks disebutnya tetap program Hello world.

Tulisan ini saya tujukan buat mereka yang ingin belajar pemrograman menggunakan bahasa Ruby. Tutorial yang ada adalah membuat program Hello world tetapi dengan modifikasi supaya lebih menarik.

Idenya seperti ini : ketika program dijalankan, kita sebagai pengguna diminta untuk memasukkan nama kita, setelah memasukkan nama maka program akan mencetak kalimat sapaan dengan memanfaatkan nama yang kita masukkan.

Gambarannya seperti di bawah ini.

So, yuk segera belajar Ruby.

Instal Ruby

Belajar Ruby tentunya membutuhkan Ruby. Oleh karena itu, silakan instal Ruby terlebih dahulu dengan mengikuti tutorial yang sudah saya buat di link di bawah ini.

Instalasi Ruby di Ubuntu dan Mac

1. Hello world standar

Kita mulai dari yang dasar dulu ya. Buat file baru dengan nama hello.rb lalu ketikkan kode di bawah ini di dalamnya.

Sedikit penjelasan. puts adalah fungsi di Ruby yang digunakan untuk mencetak suatu tulisan / string ke layar komputer. puts ini membutuhkan parameter yang akan ditampilkan, dalam kasus kita adalah string Hello world. String di Ruby adalah apa yang diapit oleh tanda ", itulah kenapa di program di atas ada tanda petik duanya.

Tambahan juga, di Ruby itu untuk pemanggilan fungsi tidak wajib menggunakan tanda dalam kurung. Kedua kode di bawah ini sama-sama berlaku.

2. Menjalankan program

Program kita sudah jadi, sekarang waktunya menjalankan atau mengeksekusinya. Bagaimana caranya? Gunakan perintah ruby.

Buka terminal lalu jalankan perintah ini.

Di terminal akan muncul yang seperti ini.

Perintah ruby yang kita gunakan tadi adalah apa yang disebut sebagai interpreter. Gunanya untuk memproses kode yang ditulis menjadi suatu program yang bisa dieksekusi.

Sip, selanjutnya kita buat Hello world menjadi lebih menarik dengan meminta user untuk memasukkan nama.

3. Meminta input user

Kita buat program yang lebih menarik dengan cara melibatkan user. Untuk keperluan ini kita buat file baru dengan nama greeting.rb.

Isinya yang pertama adalah sebagai berikut.

Seperti yang tadi, kode di atas akan menampilkan tulisan yang gunanya memberi tahu user kalau dia diminta memasukkan namanya.

Selanjutnya kita perlu menangkap apa yang dimasukkan user dan menyimpannya pada suatu variabel supaya nanti bisa dimanfaatkan. Perhatikan penambahan kode menjadi seperti berikut.

Baris yang paling bawah ini menarik. Kalau untuk menampilkan teks adalah digunakan yang namanya puts maka untuk menangkap apa yang dimasukkan user kita gunakan gets. Selanjutnya, setelah menangkap yang dimasukkan user, hasilnya disimpan ke variabel name.

Nah sekarang kita tampilkan nama user. Perhatikan lagi kodenya, terutama kode yang paling bawah.

Bagian paling bawah akan menampilkan teks seperti di atas dengan bagian #{name} akan berubah-ubah sesuai input dari user. Di Ruby, hal seperti ini dinamakan string interpolation yaitu proses menampilkan suatu variabel di dalam string.

Coba jalankan program dengan perintah ruby greeting.rb dan masukkan nama kamu dan dilanjutkan menekan tombol enter.

Apa yang terjadi?

Alih-alih mengeluarkan teks Hello Agung!, let’s learn together dalam satu baris, yang terjadi adalah teks muncul dalam 2 baris karena adanya enter. Kenapa bisa seperti itu?

gets akan menangkap tidak hanya teks yang dimasukkan user tetapi juga enter. Oleh karena itu, kita perlu menanganinya dengan cara seperti ini, lihat kode yang baru.

Kita menambahkan chomp pada pemanggilan gets yang berguna untuk menghapus karakter enter yang ada di bagian paling belakang dari string.

Sekarang coba jalankan lagi, kali ini output yang ada sudah pasti benar.

Lumayan kan, sudah tahu sedikit tentang Ruby 🙂

Kesimpulan

Mengikuti tutorial ini, kamu jadi tahu bagaimana cara menginstal Ruby dan juga tahu cara untuk mengeksekusi program ruby. Dari sisi pemrograman, kamu dapat pengetahuan bagaimana menampilkan teks di layar, bagaimana menangkap inputan dari user, bagaimana menyimpan suatu nilai ke variabel dan bagaimana melakukan string interpolation.

Lebih Lanjut

Ingin belajar Ruby lebih lanjut?

Belajar Ruby dengan yang sudah berpengalaman dan ahlinya : saya ?

Saya membuat video tutorial Ruby gratis yang bisa diakses di link di bawah ini

http://www.idrails.com/series/belajar-ruby
http://www.idrails.com/series/belajar-ruby
http://www.idrails.com/series/belajar-ruby

Saat ini sudah ada 17 video dan ini sementara karena materinya akan saya tambah terus.

Opsi kedua adalah, saya membuka kursus online dan bimbingan belajar Ruby serta Ruby on Rails.

Belajar dengan bantuan seorang mentor akan jauh lebih mudah dan lebih cepat bisa karena diarahkan oleh orang yang sudah berpengalaman sehingga tahu langkah-langkah mana yang harus diambil untuk belajar.

Selain itu, dengan adanya mentor kamu bisa bertanya sebebasnya dan hal ini tidak ditemukan kalau kamu belajarnya sendiri.

Yuk belajar Ruby bareng saya, informasi lengkap ada di sini

Training Ruby dan Ruby on Rails

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

One thought on “Membuat Program Ruby Pertamamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *