Ketularan Teknologi

Berteman dengan lingkaran yang tepat akan menguntungkan diri kita sendiri dan jika kita termasuk tipe orang yang suka berbagi ilmu, kesempatan atau informasi yang berguna maka hubungan yang ada akan bersifat simbiosis mutalisme, semua senang semua untung.

Salah satu jenis lingkaran yang ada dalam kehidupan saya adalah lingkaran developer. Lingkaran ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu lingkaran developer yang baru kenal di facebook saja dan lingkaran yang saya kenal secara personal baik di facebook mau pun di dunia nyata. Berkat lingkaran ini saya mendapatkan insight menarik yang bahkan beberapa darinya sekarang menjadi mainan saya sehari-hari.

Ruby dan Ruby on Rails

Pertama kali kenal orang yang menggunakan Ruby dan juga Rails adalah kenal dengan Ardian. Ardian ini teman SMA saya di SMA 1 Pekalongan. Kami beda kelas waktu itu jadi kenal hanya sebatas kenal biasa. Pun waktu kuliah meskipun berada di kota yang sama yaitu Semarang, kami berada di universitas yang berbeda.

Dimulainya dari facebook. Intinya dari situ saya tahu kalau dia juga suka dengan IT dan ngoprek tentang programming juga walaupun belum menyebut-nyebut soal Ruby. Beberapa waktu berselang ketika dia sudah masuk dunia profesional dan saya masih saja seorang mahasiswa saya mengkontak dia dan nanya-nanya soal gambaran kerja profesional seperti apa dan di situlah Ruby serta Rails disebutkan.

Obrolan itu bukan kali pertama saya tahu ada Ruby tetapi obrolan itu baru disadari sekarang-sekarang ini kalau ternyata memiliki andil dalam karir saya sebagai Rubyist. Sepertinya memang sepele tapi siapa yang menyangka kalau ternyata berguna di jauh kemudian hari.

Pun setelah obrolan itu saya tidak langsung ngoprek Ruby, justru setelah bekerja selama 1.5 tahun lebih dengan C# dan Java baru saya niat mempelajari Ruby dan Rails-nya. Saya merasa Ardian ini salah satu tempat bagi saya buat nanya-nanya soal Ruby dan Rails termasuk berperan dalam pengambilan keputusan saya masuk ke Bukalapak yang akhirnya menjadi Rubyist dan mengucapakan selamat tinggal ke dunia .NET dan Java.

Vim

Saat status facebook dari Mas Rahmat Awaludin lagi-lagi membahas soal vim, itu bukanlah kali pertama saya tahu tentang vim. Posisi saya saat itu tahu vim itu apa yaitu teks editor yang aneh dan cara menggunakannya sulit, sebatas itu pengetahuan saya tentang vim.

Lantaran dia bolak-balik “berisik”, akhirnya saya coba juga untuk belajar vim yang prosesnya saya ceritakan di sini, di sini dan di sini hingga akhirnya kini saya menggunakan vim sehari-hari untuk ngoding dan juga menulis buku. Kalau kamu juga tertarik untuk belajar vim saya sarankan untuk membeli buku vim yang saya tulis ?

Saya rasa kalau Mas Rahmat tidak ngasih informasi soal Vim di facebook, sampai saat ini saya masih akan menganggap Vim sebagai teks editor aneh nan sulit digunakan dan saya masih akan ngoding menggunakan Sublime Text atau Visual Studio Code dan yang lebih penting saya tidak nulis buku Vim untuk Semua.

Karir dan Arsitektur Software

Topik yang satu ini akan sangat jarang ditemui karena sepertinya yang menguasai tidak banyak dan oleh karenanya dari sekian yang tidak banyak itu tidak banyak juga yang berbagi.

Dari yang sedikit itu ada Mas Eko Khannedy dan Pak Endy yang beberapa kali saya jadikan tempat nanya hal-hal rumit seperti seputar arsitektur software, software-software keren tapi jarang dibahas di sini seperti ElasticSearch sampai nanya-nanya juga soal jenjang karir.

Tiap kali habis ngobrol dengan keduanya saya selalu merasa kembali bersemangat belajar dan berlatih supaya bisa ikutan hebat juga dan merasakan pula ada masa depan yang sangat cerah terbentang di hadapan saya hahaha ?

Baru kepikiran 3 hal itu aja untuk saat ini, akan saya update tulisan ini kalau sudah kepikiran ilmu-ilmu yang saya miliki yang pemicunya berkat berinteraksi dengan orang lain baik langsung mau pun tidak langsung.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *