Investasi Black Friday 2017

Seperti tahun 2016 yang lalu, tahun ini saya kembali antusias untuk memanfaatkan dengan baik momen Black Friday dan Cyber Monday dalam rangka Thanksgiving di Amerika Serikat sana. Kedua momen tadi layak ditunggu buat para penggemar diskonan seperti saya (jauh lebih baik pecinta diskonan daripada pecinta bajakan *eh).

Pada intinya Black Friday dan Cyber Monday merupakan waktunya bagi para pemilik produk untuk memberikan diskon besar-besaran dan biasanya barangnya dijual online. Kalau di Indonesia ibaratnya harbolnas.

Barang yang didiskon sepertinya bermacam-macam, dalam artian tidak hanya barang digital dan tidak melulu online. Sempat melihat juga ada diskonan untuk elektronik. Tapi barang-barang yang fisik gitu tidak menariklah ya, ngurusnya ntar ribet hee. Nah yang saya tunggu-tunggu tentu saja diskonan barang digital.

Kalau kamu pc gamer, mungkin sudah hapal dengan sale yang diadakan steam atau kalau kamu pemilik PS4 akan melihat di play station store ada beberapa game yang didiskon. Untungnya saya bukan pc gamer jadi tidak tertarik dengan team sale, pun untuk game ps4 saya lebih memilih beli bluray disc fisik dengan alasan bisa dijual lagi 😀

Yang membuat saya paling tertarik adalah diskonan ebook dan video course topik IT. Ada bejibun ebook dan video course yang menarik untuk dipelajari yang sudah saya tunggu-tunggu untuk saya beli tapi masih ditahan-tahan demi Black Friday haha. Nah begitu momennya datang, melayanglah uang.

Untuk tahun ini tidak banyak yang saya beli, di bawah ini adalah rinciannya

Mastering Emacs

Pengguna vim tapi kok beli ebook emacs. Mungkin itu ya yang dipikirkan orang yang kenal saya sebagai pengguna setia vim yang kemana-mana selalu nerocos soal kehebatan vim.

Yah semuanya murni penasaran saja tidak jauh bedanya dengan orang yang suka nyoba-nyoba bahasa pemrograman atau pun premwek (framework) lain. Menarik sih bagi saya untuk mencoba-coba text editor ini itu dibandingkan dengan mencoba bahasa pemrograman atau framework.

Kalau boleh saya ngasih alasan karena mau ngoding apapun selalu yang dipakai text editor (selain otak). Belum tentu saya ngoding Go, belum tentu saya ngoding ReactJs tapi yang pasti adalah saya ngoding pakai text editor apa pun itu dan tidak tergantung bahasanya apa.

Harga asli buku ini $39, kena diskon jadi $20. Lumayan.

Effective Testing with RSpec 3

Buku ini harga aslinya $19, murah sekali. Dipotong dengan diskon %40 jadinya berapa tuh? itung sendiri ya, yang jelas jadi lebih murah lagi.

Alasan beli ebook ini sudah jelas. RSpec adalah automated test framework di Ruby yang sudah dikenal kehandalannya. Kalau ga paham yang satu ini ya tentu saja kurang sah, apalagi automated test itu wajib hukumnya ada buat jaga-jaga kalau perubahan yang kita lakukan terhadap software berpengaruh (baca : bikin error) bagian yang lain atau enggak. Kalau aplikasinya sudah besar akan sangat merepotkan kita musti cek-cek manual, belum tentu juga semua case ter-cover. Jadi sudah jelas ya alasannya.

Modern Vim

Walah yang ini masih perlu penjelasan? Satu-satunya penjelasan yang paling masuk akal paling ini : saya belum punya.

Harga asli $19.95 kena diskon 40%. Murah abis.

Conglommora

Ini satu-satunya barang yang saya beli di momen Black Friday tahun ini yang tanpa perencanaan. Bentuknya ebook, lebih tepatnya novel scifi alias science fiction. Apa yang membuat saya tertarik? Yang nulis adalah Andy Hunt, programmer yang nulis buku legendaris The Pragmatic Programmer.

Harganya murah meriah keterlaluan. Harga asli $4.99 didiskon membabi buta jadi cuma $1.99. Niat jualan gak sih Om? haha.

ElasticSearch course di Udemy

Jika ketiga barang yang saya sebutkan semuanya berbentuk ebook, kali ini dia beda sendiri. Saya beli di Udemy berarti bentuknya video tutorial. Harganya $10 yang mana sebenarnya bukan harga yang spesial karena Udemy sangat sering memberikan diskon besar untuk semua course-nya menjadi hanya $10.

Kenapa saya beli sekarang padahal tidak mendesak diskonnya? Jawabannya adalah karena di-reimburse kantor. $10 jadi gratis hehe masa mau dilewatkan.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *