Fulltime Educator?

Ada sebuah pertanyaan yang lama muncul tapi tidak kunjung saya jawab dengan tegas. Hingga beberapa saat yang lalu, dengan kondisi suasana yang tenang, akhirnya jawaban itu didapatkan.

Jauh sebelum beberapa orang menanyakan apakah dengan mundurnya saya dari Bukalapak lantas membuat saya bekerja secara penuh sebagai educator di IDRails, saya sudah menanyakan pertanyaan ini duluan ke diri sendiri.

Beberapa tahun yang lalu saya masih ga mantep menjawabnya. Apakah mau lanjut di jalur engineering dalam artian bekerja di perusahaan bagus yang produknya dipakai banyak orang atau fulltime bekerja sendiri di IDRails melakukan hal lainnya yang saya juga yaitu sharing ilmu terkait IT.

Masing-masing punya nilai plus dan minus masing-masing. Misalnya kalau di IDRails nilai plus-nya adalah saya bisa kerja bebas, minusnya adalah kerja bebas itu sendiri.

Saya tipe orang yang kalau bekerja harus ada impact-nya. Alasan ini yang membuat saya 3 tahun yang lalu memutuskan untuk apply ke Bukalapak karena saya tahu di sana solusi yang saya hasilkan, kode yang saya tulis akan ber-impact ke orang banyak, suatu hal yang rewarding selain gaji dan self-growth.

Anehnya adalah poin ini pulalah yang menjadi salah satu alasan saya keluar dari perusahaan sebelumnya. Singkat kata saya ingin memberikan impact yang jauh lebih besar lagi, kurang lebih seperti itu.

Saya selalu merasa menjadi educator di IDRails kurang keren. Sebenarnya, setelah saya renungkan, bukan kurang keren tapi saya lebih ingin mengejar karir sebagai engineer sampai level mahir kelas dunia dan memberikan impact lewat situ. Kamu pasti tahulah gimana rasanya menjadi expert dalam suatu bidang dan memanfaatkan kemahiran itu untuk hal baik dan dapat bayarang tinggi dari situ.

Tidak bisa dipungkiri kalau dari IDRails saya juga memberikan impact dalam bentuk ilmu pengetahuan. Dari free tutorial saya bikin banyak materi, 229 video saat tulisan ini dibuat. Dari premium online course Ruby dan Ruby on Rails sudah ada 200an lebih peserta yang belajar bareng saya. Pun dari segi finansial pendapatannya bisa dibilang banyak.

Bukan berarti saya akan nutup IDRails dan tidak sharing IT lewat video tutorial lagi. IDRails akan tetap ada dan kemungkinan kemungkinan untuk membuat online course premium yang lain seperti Golang dan ReactJs juga tetap ada. IDRails masih jadi side hustle saya.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Seorang Software Engineer di BukaLapak, penulis buku, blogger, gunpla builder, tech educator.
Simak pemikiran saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *