Fresh Graduate Gaji Tinggi?

Kalau bisa ya kenapa tidak?

Lagi rame gara-gara ada fresh graduate ga mau digaji 8 juta terus mencak-mencak di Instagram sambil bawa-bawa nama kampus sebagai alasan berhak digaji lebih tinggi.

Orang lain yang baca pasti tersulut karena cara penyampainnya arogan dan bawa-bawa nama kampus yang tentu saja tidak relevan. Ada juga yang tersulut karena angka 8juta dianggap udah tinggi banget buat fresh graduate eh ini malah mencak-mencak.

Untuk alasan pertama wajar, cara penyampaian yang seperti itu ga akan mengundang response positif. Udah pasti itu.

Untuk alasan yang kedua tergantung masing-masing. Buat yang tahu kalau memang ada posisi fresh graduate yang bisa lebih tinggi dari itu, bisa jadi ga akan marah melihat fresh graduate “tidak tahu terima kasih”.

Jujur saya gak suka kalau ada fresh graduate berharap gaji tinggi terus ada yang komentar “dulu saya gaji awal UMR“, ya masak orang lain harus “sesusah” dia hehe. Totally ga relevant.

Bagi saya fresh graduate ngarep gaji lebih tinggi dari 8 juta ga apa-apa. Tapi ada tapinya. Apakah skill dia memenuhi? Apakah udah riset gaji fresh graduate bisa lebih tinggi dari itu? Kalau iya apakah udah riset perusahaan mana aja yang berani?

Kalau belum ya problematic. Nge-apply ke perusahaan yang offer-nya ga bisa lebih tinggi dari itu, begitu dikasih angka 8juta malah marah-marah. Ga yakin skill-nya bisa dihargai 2 digit (puluhan juta) tapi ngarep dikasih starting 10juta.

Soal si fresh graduate ini menolak 8 juta dan dikatakan tidak bersyukur itu sesuatu yang debatable, tidak bisa dikatakan apakah itu tindakan benar atau salah karena mimpi dan strategi orang beda-beda. Kalau menolak 8 juta dan mencak-mencak sambil berucap arogan nah itu absolute.

Cukup aneh. Pada ga mau apa ya kalau standar gaji makin ke sini makin membaik drastis. Kalau dulu fresh graduate kerja programmer digajinya senilai UMR ya masa 10 tahun kemudian masih UMR juga standarnya. Kalau ada yang minta tinggi harusnya boleh dong, asal skillnya memang memenuhi dan nyarinya di perusahaan yang tepat. Masa sih iri dengan anak jaman sekarang yang lulus kuliah gajinya bisa langsung tinggi. “Dulu gw gaji pertama jadi programmer 2j uta“.

Dilema juga sih kalau perusahaan kemampuannya buat menggaji ga naik drastis walaupun udah beroperasi tahunan. Makanya saya seneng sekarang industri IT Indonesia udah banyak yang fokusnya ke product based dan bisa ngasih gaji tinggi.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *