Hari Pertama 2019

Main PlayStation4 Sudah dari malam tahun baru saya memainkan game yang satu ini. Bahkan sejauh ingatan saya, 3-5 hari sebelumnya saya memulai main game Batman Return to Arkham : Arkham Asylum. Judul Return to Arkham ini isinya 2 game, Arkham Asylum dam Arkham City. Game remaster kalau ga salah, yang jelas semacam rilis ulang biar … 

 

Kontribusi ke Open Source Software (OSS) – Cara Gampang

Gampang itu relatif. Tak terkecuali di kasus saya terkait kontribusi ke OSS. Beberapa saat yang lalu pull request (PR) yang saya buat sukses di-approve oleh project maintainer. Rasanya seneng, ada hal kecil nan gampang yang saya lakukan tapi bermanfaat dan dihargai orang lain. Sudah jadi pendapat umum, cara gampang berkontribusi di proyek open source adalah … 

 

Mimpi yang Aneh

Jarang-jarang saya mimpi terkait kerjaan, bahkan seinget saya tidak pernah sebelumnya. Mungkin, dugaan saya aja nih ya, karena saya sudah mulai galau *kode *eh. Beberapa waktu yang lalu saya mimpi ada mas Dian, software architect di Bukalapak. Saya ga inget mimpinya tentang apa, yang jelas ada hubungannya dengan kode. Yang semalam lebih aneh lagi. Di … 

 

Kerja Profesional tapi Pakai Tools Ilegal? Mikir

Errrr.. mbok mikir. Ngerasain sendiri kerja jadi programmer kan? Gampang atau enggak? Banyak pusingnya? Terus kalau proyekan sendiri ribet atos-atosan dengan klien yang rewel? Kalau bikin produk sendiri susah nyari product market fit-nya? Nah itu tau penderitaannya. Terus kenapa masih pakai tools ilegal? Hari gini masih pakai tools bajakan buat ngoding. Hari gini masih pakai …