Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Afiliasi

Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Afiliasi

Di era teknologi digital seperti saat ini, menghasilkan uang bisa dari mana saja. Tidak hanya dengan melakukan pekerjaan yang bersifat aktif dan fisik saja, kini kita bisa melakukan hal tersebut melalui berbagai cara, salah satunya melalui metode afiliasi. Yup, menghasilkan uang secara online memang bukan hal yang asing lagi saat ini. Jualan online, dropshiper, hingga melakukan afiliasi adalah merupakan beberapa cara yang cukup populer dan disukai oleh masyarakat dalah satunya di Indonesia sendiri. Mungkin kalau dagang online dan menjadi dropshiper terdengar cukup familiar dan anda sudah mengerti ya, namun untuk afiliasi apakah anda sudah mengerti? Oleh karena itu di artikel ini kami akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari afiliasi. Tapi sebelumnya akan lebih baik jika anda mengerti tentang afiliasi seperti berikut ini.

Tentang Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi diawali oleh situs jual beli online yang pada pertengahan tahun 90 – an yang dijalankan oleh market place terbesar di dunia yakni Amazon. Website ini menerapkan strategi program pemasaran afiliasi dengan membayar orang – orang yang mau merujuk klien kepada mereka.

  Jualan online misalnya, jika Anda mengunjungi sebuah blog dan blog tersebut menjual berbagai produk dan ada link yang jika Anda klik link tersebut maka akan langsung mengarah ke situs Amazon lalu jika Anda membeli suatu produk, maka pemilik blog tersebut akan mendapatkan komisi beberapa persen dari harga yang telah disetujui sebelumnya.Dan sampai saat ini, Anda bisa melihat banyak sekali program afiliasi yang bisa diikuti. Tidak cuma di berbagai toko-toko online besar saja yang menjalankan strategi seperti ini melainkan bisnis skala kecil juga mulai menjalankan strategi pemasaran afiliasi ini tidak peduli apa niche yang dipilih untuk blog Anda. Strategi pemasaran afiliasi ini memang merupakan strategi yang mujarab untuk meningkatkan reach, penjualan, dan banyak perusahaan akan dengan senang hati membagi profit dengan Anda untuk merujuk pelanggan kepada mereka. Afiliasi pemasaran merupakan kondisi win-win dimana sebagai cara yang bagus untuk membuat uang secara online. Mereka punya produk dan Anda memiliki pengunjung yang mungkin tertarik dengan apa yang mereka tawarkan. Pada dasarnya, dengan pemasaran afiliasi ini mereka memberikan Anda komisi dengan memotong keuntungan mereka yang dianggap sebagai pengiklan di blog Anda. Banyak juga dari mereka yang mempunyai produk yang mengharuskan untuk membayar tahunan atau bulanan,  jadi Anda bisa memperoleh persentase komisi tinggi dari penjualan tersebut setiap pelanggan yang ingin memperpanjang pembayaran seperti perusahaan yang mengembangkan WordPress theme yang menjalankan program afiliasi.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Afiliasi?

Lalu bagaimana memaksimalkan pemasaran afiliasi ini dengan baik agar bisa menghasilkan uang? Salah satunya adalah dengan dari blog. Yup yaitu dengan menjalankan program periklanan milik Google seperti Google Adsense yang merupakan cara paling umum untuk digunakan oleh para bloger untuk menghasilkan uang. Namun belakangan ini, pengehasilan dari adsense cukup menurun karena nilai klik menjadi cukup rendah.Selain itu, pada blog anda juga bisa menyediakan space iklan untuk memberi informasi bahwa blog anda menerima sewa iklan, tapi cara ini mungkin cukup sulit untuk menghasilkan uang karena blog anda harus benar-benar bagus dan mempunyai jumlah visitor yang besar atau anda mesti mencari beberapa perusahaan untuk menawarkan blog anda supaya mereka mau memasang iklan di blog anda. 

Mengenai afiliasi. Dengan tahu berbagai realita di atas, cukup banyak blogger yang berhenti dari kegiatan blogging mereka karena memang cukup sulit menghasilkan uang dari blog tersebut. Tapi tenang saja, karena untuk menghasilkan uang secara online lewat blog anda bisa melakukannya lewat program afiliasi yang telah dijelaskan diatas.Kelebihan dalam menjalankan program afiliasi ini adalah Anda hanya cukup memasarkan dan menjual produk mereka pada blog Anda dengan menuliskan beberapa informasi tentang produk tersebut tanpa perlu mempunyai atau membuat produk sendiri. Lalu menjalankan program afiliasi juga tidak perlu berhubungan dengan klien jika suatu saat terjadi masalah dengan produk yang mereka beli. Anda juga tidak perlu memberi layanan bantuan pada pelanggan karena disini Anda hanya berperan sebagai penjual.Agar bisa sukses menjalankan program afiliasi hal pertama yang harus Anda tahu sebelum membuat blog adalah mengenali apa yang mau dan hendak Anda jual serta apa jenis atau genre produk yang ingin Anda pasarkan. Selain itu,  Anda juga harus menciptakan blog dengan niche yang sesuai dan konsisten ke niche tersebut. Contoh misalnya, Anda ingin jualan baju, Jadi Anda harus fokus untuk menjual produk hanya berisikan baju, pakaian, celana dan lain-lain yang berhubungan dengan fashion. Anda tidak boleh mencampur blog Anda dengan menjual gadget atau berbgai produk diluar baju dan fashion.Dengan fokus pada niche seperti itu maka Anda bisa mendapatkan kesuksesan yang berlebih daripada Anda menjalankan program afiliasi di niche yang tercampur tidak jelas alias gado – gado. Dan tentunya blog Anda bisa bersaing di halaman pertama hasil pencarian di search engine dengan niche seperti itu.Seperti halnya di blog pada website idwebhost ini, Anda bisa melihat blog ini juga menggunakan program afiliasi yang sesuai dengan niche blog. Blog idwebhost berisikan seputar website, WordPress, dan lain-lain maka kami menjalankan program afiliasi yang ada hubungannya dengan hal tersebut. Contohnya adalah layanan hosting, domain, wordpress  sampai juga plugins WordPress dan sejenisnya. Dengan menjalankan program afiliasi yang konsisten dengan niche maka akan menjadikan blog ini menghasilkan beberapa penjualan dari produk dan layanan tersebut di setiap bulannya. 

Program afiliasi butuh fokus niche. Selain fokus dan konsisten pada niche, Anda juga bisa menggunakan plugin Wp Auto Affiliate Links Pro di blog WordPress Anda agar bisa membantu meningkatkan penjualan Anda. Wp Auto Affiliate Links sendiri sebenarnya adalah plugin yang bersifat gratis, namun ada beberapa fitur canggih di plugin ini yang butuh data yang akan di proses di server mereka, menjadikan plugin ini menjadi berbayar dan akan ditagih secara bulanan. Berikut Manfaat memanfaatkan Wp Auto Affiliate Links PRO :

  • Mendapatkan lebih banyak uang dari program pemasaran afiliasi.
  • Hemat waktu untuk  menambahkan dan mengelola link afiliasi.
  • Lebih fokus pada isi konten dan situs website.
  • Menghilangkan iklan yang cukup mengganggu.
  • Jaringan afiliasi terkenal seperti Amazon, Clickbank, Shareasale, Commision Junction dan jaringan affiliasi custom lain yang akan Anda miliki.
  • Meningkatkan bisnis di website Anda

Berikut tadi merupakan cara mudah untuk menghasilkan uang dari program afiliasi. Program afiliasi ini merupakan cara alternatif bagi anda yang ingin mendapatkan uang secara efektif secara online tanpa perlu repot, namun tetap saja membutuhkan usaha keras untuk mewujudkannya.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Seorang Software Engineer di BukaLapak, penulis buku, blogger, gunpla builder, tech educator.
Simak pemikiran saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *