Baca Buku IT Sepuasnya di Safaribooks Hanya dengan $20/tahun

Salah satu pekerjaan yang menuntut pelakunya untuk mau ngoprek dan belajar hal baru adalah pekerjaan yang ada di industri IT. Karena saya seorang programmer, saya merasakan sendiri hal itu. 5 tahun lalu saya tidak perlu tahu apa itu docker, apa itu consul dan apa itu microservice. Kalau sekarang karena dituntunt pekerjaan, ga bisa lagi ga tahu. Meskipun hanya sebatas konsep, harus tahu.

Biasanya nih, konsep justru susah dipahami kalau kita ga praktik dulu. Ambil contoh konsep OOP dan container. Justru akan paham setelah mulai nyebur langsung dengan praktik. At least itu yang saya alami dulu pas belajar OOP dan kemarin-kemarin pas mulai terlibat pekerjaan yang pakai Docker.

Intinya satu : mau belajar hal baru

 


Belajar hal baru bisa lewat mana aja. Yang ingin saya bagi cerita di sini adalah lewat media buku, lebih tepatnya buku elektronik atawa ebook dan lebih khusus lagi soal Safaribooks.

Safaribooks ini menyediakan buanyaaaaak banget buku-buku yang membahas teknologi komputer dari penerbit-penerbit terkenal di dunia. Kalau kamu sudah sering nyari buku bajakan (*eh) pasti sudah kenal dengan nama-nama penerbit ini : pragmatic programmer, packtpub, apress, manning, oreilly, addison-weasley, dll dll masih banyak lagi. Nah buku-buku mereka bisa kita pelajari di satu tempat Safaribooks ini.

Untuk baca harus lewat web-nya atau pun lewat aplikasi mobile-nya. Sifatnya DRM jadi harus lewat situ. Tapi khusus untuk aplikasi mobile, ebook-nya bisa dibaca offline kok.

Oke, sekarang kita bicara soal harga. Tentu mahal.

Berapa?

Cek di gambar di bawah ini.

 

$39/month kalau pakai kurs hari ini berarti Rp581.373/bulan. Buat sebagian besar dari kita angka segitu untuk langganan baca buku mahal, nambah dikit bisa untuk beli gundam dengan grade MG hahaha.

Sekarang gimana kalau saya bagi, cara untuk berlangganan Safaribooks hanya dengan $20/tahun.

Ya benar kamu tidak salah baca 20 dollar Amerika per tahun!!!

Bukan per bulan.

 

Sebelum ke caranya, saya mau basa basi dulu ya hehe, tentang awal mula saya dapat info soal cara ini.

Semuanya bermula ketika ada temen kantor yang nanya di grup chat soal apakah kami punya akses ke situs Lynda.com. Saya timpali dengan “tidak ada Mas, yang kita pernah mau adain itu Udemy“. Kemudian ada temen lain yang usul untuk diadakan juga langganan Safaribooks.

Nah puncaknya adalah ada orang keempat yang bilang kalau kita bisa langganan Safaribooks hanya dengan $20/tahun lewat ACM.

Pasti ga tau ACM kan?

Sama saya juga waktu itu. Bahkan sampai saat ini saya masih belum tau sebenarnya ACM itu apaan wkwk yang penting bisa langganan Safaribooks dengan murah dan legal.

Oh iya, perlu saya sebut nama teman saya yang memberikan pencerahan maha hebat tahun ini. Mas Yahya namanya.

 

Sekian basa-basinya, sekarang saya bagikan caranya, disimak dengan baik ya.

Pertama, Isi form dan bayar $20 lewat form https://services.acm.org/public/qj/proflevel/proflevel_control.cfm?level=3&country=Indonesia&form_type=Professional&promo=LEVEL

Pastikan emailmu bener

Pembayaran bisa lewat kartu kredit visa atau mastercard, paypal dan beberapa lagi saya lupa. Nah buat yang pakai Jenius dari BTPN harusnya bisa juga, silakan dicoba dan kasih kabar ke saya ya.

Langkah kedua adalah, setelah kamu submit form pada langkah pertama, kamu akan di-redirect. Di situ akan ada link yang intinya untuk membuat akun. Buatlah akun dengan emailnya adalah email yang tadi kamu gunakan untuk membayar.

Selanjutnya login dengan akun baru tadi terus masuk ke https://learning.acm.org/ dan klik menu Safari yang ada di kanan atas.

Boooooomm

Kamu akan di-redirect ke Safaribooks dan selamat, kamu bisa belajar sepuasnya di situ.

 

Terus untuk login ke aplikasi mobile-nya gimana?

Pakai email @acm.org yang dibuatkan secara otomatis buat kamu. Lihatnya di mana?

Pas di Safaribooks, lewat menu di sebelah kanan, klik Settings -> Your Account

Dari situ buka aplikasinya terus masukkan email tadi, selanjutnya di suruh login dengan username/email dan password yang kamu buat di langkah kedua.

$20/tahun itu murah banget. Sebulan berarti $1.67 = Rp25.000an. Buat nongkrong di Starbucks aja ga dapat bro. Jangan disia-siakan.

Silakan disebarkan blog post ini biar yang lain juga dapat manfaat dari ilmu yang didapat di Safaribooks 😄

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *