Aplikasi Database Java Sederhana (Bagian 4)-Membuat Presentation Tier

java

Akhirnya sampai juga di bagian 4. Bagian ini akan membahas pembuatan presentation tier untuk aplikasi database java yang kita buat.
Sesuai namanya, tier ini digunakan sebagai antarmuka antara pengguna sistem dengan sistem yang digunakan pengguna. Kita akan menggunakan library Swing dari Java untuk mengimplementasikan presentation tier ini.

Membuat Kelas Tabel Model

Tabel model digunakan untuk menampung data kita yang berasal dari basisdata. Tabel model ini merupakan komponen yang digunakan oleh JTable untuk menampilkan data. Berikut kelas MahasiswaTableModel yang terletak di package crudsederhana.tablemodel

file : MahasiswaTableModel.java

Ada beberapa hal yang perlu saya soroti. Kelas ini memiliki sebuah List yang digunakan untuk menampung data dari basisdata. Di kelas ini terdapat method save,edit dan delete yang digunakan untuk menambah, mengedit dan menghapus data pada List tadi. Dengan cara ini ketika kita memanggil method pada service tier untuk melakukan operasi CRUD pada basisdata kita panggil juga method pada kelas MahasiswaTableModel ini. Misal kita menambahkan data pada basisdata dengan memencet sebuah tombol maka seperti ini:

Perhatikan pada baris 8 dan 9 yang saya sorot. Baris 8 itu method untuk menambahkan data ke basisdata sedangkan baris 9 method untuk menambah data pada List didalam MahasiswaTableModel tadi. Dengan begini otomatis data baru akan masuk kedalam JTable jadi tidak seperti cara tradisional yang melakukan “refresh” tabel dengan kembali melakukan query untuk mendapatkan data terbaru. Begitu juga ketika kita mengedit dan menghapus data tidak perlu query ulang/hit ke basisdata untuk menampilkan data aktual.

Form Utama

Desain form utama seperti gambar dibawah ini

form utama

Untuk komponen apa saja yang ada dialamnya beserta namanya dapat dilihat pada gambar berikut

komponen form utama

Dialog Tambah

Dialog ini digunakan untuk menambah data yang berupa “pop up” terpisah dari form utama. Dengan terpisahnya form tambah ini dengan form utama maka diperlukan mekanisme untuk bisa mengakses property yang ada pada form utama dari form tambah ini. Hal tersebut sering ditanyakan oleh orang yang baru belajar Java Swing yakni cara mengakses variable yang berada pada form A melalui form B. Nanti pada bagian implementasi akan saya jelaskan.
Berikut adalah desainnya

dialog tambah

Komponen beserta namanya

komponen dialog tambah

Dialog Edit

Hampir sama dengan form tambah tadi, pada form edit juga harus bisa menangani pengaksesan property form utama dari form edit. Seperti ini desainnya, mirip banget dengan form tambah cuma textfiled untuk nim dibuat disable

dialog edit

komponen dialog edit

Kesimpulan

Untuk mendesain form dengan GUI Builder Netbeans saya yakin tidak ada masalah
Sampai jumpa pada bagian implementasi yang saya selipkan link untuk download proyek ini

Semoga bermanfaat
Aamiin
🙂

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

4 thoughts on “Aplikasi Database Java Sederhana (Bagian 4)-Membuat Presentation Tier

  1. apakah bagian 5 tidak dilanjutkan pak?
    saya sudah mengikuti tutorial ini hingga bagian 4,
    dan membuat rancangan antarmuka.

    1. makasih banyak mas……saya ikutin tutorialnya mas dari wal-awal sampai khir-akhir dan saya rasa sungguh luar biasa sharenya step by step. emang bener seperti yang mas agung katakan : orang yang belajar ataupun bergelut dengan java – database sangat tepat berada di halaman ini. yang saya agak sedikit bingung itu implementasinya ke Frame karena saya menggunakan IDE Eclipse…..? Sukses terus mas…We Love Java…We Love Java…

  2. mas source code ini : parentFrame.getMahasiswaTableModel().saveMahasiswa(mahasiswa); maksudnya apa y?mhn penjelasannya…sukur kalo ada contohnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *