Aplikasi Database Java Sederhana (Bagian 3)-Membuat Service Tier

java

Artikel ini merupakan seri ketiga dari seri tutorial pembuatan aplikasi database Java berbasis aplikasi dekstop (Swing).
Pada tulisan ini kita akan membuat sebuah tier service yang berfungsi sebagai logika bisnis pada suatu aplikasi.
Apa itu logika bisnis aplikasi? yaitu apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi. Misalnya seperti ini, kita merancang suatu aplikasi yang bisa menyimpan data kedalam basisdata, menampilkan data pada basisdata, menghapus data dari basisdata, mengirim email pemberitahuan mengenai data pendaftaran akun kita dan kata kerja kata kerja “mexxx” lainnya. Nah, itulah yang dinamakan logika bisnis. Logika bisnis diungkapan dengan kata kerja

Membuat Service Tier

Aplikasi yang kita buat hanya memiliki logika bisnis berupa melakukan operasi dasar CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada basisdata jadi service yang kita miliki seakan-akan hanya merupakan kepanjangantangan dari DAO tier yang telah kita buat sebelumnya karena memang DAO tier yang berurusan langsung dengan basisdata bukan Service tier.

Buat sebuah package “crudsederhana.service“. Seperti pada DAO tier kita juga membuat sebuah interface dan sebuah kelas implementasi.
Ketikkan kode pada interface berikut

file : MahasiswaService.java

Dan karena interface hanya merupakan kontrak yang tidak memiliki badan maka kita buat sebuah kelas yang merupakan implementasinya. Berikut adalah kelas MahasiswaDaoImpl

file : MahasiswaDaoImpl.java

Seperti saya kemukakan tadi diatas, terlihat tier service diatas menggunakan/kepanjangantangan tier DAO untuk melakukan operasi-operasi pada basisdata.

Tutorial selanjutnya kita akan mulai membuat Presentation tier sebagai antarmuka antara pengguna dengan sistem yang kita buat.

Semoga bermanfaat 🙂
Aamiin

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *