Aplikasi Database Java Sederhana (Bagian 2)-Membuat Data Tier

java

Aplikasi Database Java. Artikel tutorial ini merupakan lanjutan dari artikel berikut yang cukup lama terbengkalai, dalam artian tidak kunjung saya lanjutkan pembahasan materinya karena kesibukan saya. Dan sekarang saatnya melanjutkan :D.

Pada artikel yang kemarin, kita sudah mempunyai rancangan akan aplikasi yang akan kita bangun, mulai dari teknologi yang digunakan, fitur-fitur aplikasi, serta tampilan form yang digunakan. Bagi yang belum mengetahui rancangan aplikasi yang akan kita buat silahkan melihatnya disini.

Membuat Data Tier Aplikasi Database Java

Data Tier berfungsi untuk menyimpan dan menerima data dari database. Kita perlu membuat sebuah tier khusus untuk penanganan data dengan tujuan menjaga data agar tetap netral dan independen terhadap application server dan juga business layer. Maksudnya business layer tidak perlu mengetahui dengan database apa layer data ini berhubungan. Selain itu dengan adanya independen ini maka database bisa kita ganti-ganti tanpa masalah, misal dari MySql ke Oracle. Dengan demikian layer data ini juga berfungsi untuk meningkatkan skalabilitas.

Sebelum membuat layer data untuk aplikasi database java kita memerlukan sebuah class domain yang digunakan untuk merepresentasikan data yang ada pada database. Buat sebuah class dengan nama Mahasiswa pada package crudsederhana.entity.

Mahasiswa.java

Dan berikut adalah script untuk membuat tabel mahasiswa

Selanjutnya kita buat sebuah interface dengan nama MahasiswaDao pada crudsederhana.dao.

MahasiswaDao.java

Interface ini digunakan sebagai kontrak untuk memastikan bahwa sebuah class yang digunakan untuk melakukan persistensi data harus memiliki method-method diatas. Interface ini juga berguna untuk keluwesan layer data, misalnya seperti ini. Kita bisa membuat 2 buah class layer data yang mengimplementasikan interface diatas, masing-masing layer data menggunakan MySql dan Oracle. Dengan adanya interface, layer bisnis bisa kapan saja mengganti antara layer data yang menggunakan MySql dan layer data yang menggunakan Oracle.

Class berikut merupakan implementasi interface MahasiswaDao menggunakan database MySql.

MahasiswaDaoImpl.java

Sampai disini kita sudah berhasil membuat layer data untuk aplikasi database java kita :D. Berlanjut ke tutorial berikutnya tentang membuat layer service.

Kalau ada yang bertanya dan mau berdiskusi saya persilahkan melalui fitur komentar dibawah artikel ini 🙂

Jaya Jaya Wijayanti!
aplikasi database java

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

One thought on “Aplikasi Database Java Sederhana (Bagian 2)-Membuat Data Tier

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *