Tur Mini ASP.NET 5 : Bagian 1 – Memulai

Beberapa hari yang lalu saya sudah mulai ngoprek versi terbaru dari ASP.NET yakni ASP.NET 5 baik melalui screen cast, baca artikel maupun mencoba ngoding langsung di Visual Studio 2015, versi teranyar dari Visual Studio.

ASP.NET 5 Mini Tour

Ngoprek saya lakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja perubahan yang ada (dan ternyata banyak!) yang mempengaruhi bagaimana kita nantinya membuat aplikasi web menggunakan framework ini. Saya ingin berbagi tentang apa yang sudah saya pelajari dalam beberapa hari belakangan yang singkat ini.

Saya akan menjelaskan semuanya dalam bentuk tulisan berseri yang rencananya terdiri dari judul-judul berikut (bisa berubah nantinya namun topiknya masih sama) :
1. Memulai (Tulisan ini)
2. Startup
3. MVC 6
4. Dependency Injection
5. Web API
6. Entity Framework 7 (Coming soon)

New Project

Buka Visual Studio 2015, pilih menu membuat project dan pilih Web pada panel sebelah kiri. Berbeda dengan Visual Studio versi terdahulu, sekarang akan muncul 3 opsi yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini

1. New Project

Bagian ASP.NET Web Application merupakan template project untuk membuat aplikasi Web baik itu Web Form, MVC maupun Web API. Coba klik Ok dan kita lihat dialog yang muncul berikutnya.

2. Web Template

Pada kotak merah itulah template project yang kita gunakan untuk ASP.NET 5 sedangkan yang bagian atas adalah untuk versi terdahulu.

Struktur Explorer Baru

Sekarang buat project web baru untuk ASP.NET 5 menggunakan template Empty.

3. Solution Explorer

Seperti inilah struktru baru dari ASP.NET 5. Perhatikan bahwa sekarang sudah tidak ada file Global.asax dan Web.config juga menghilang.

Global.asax sekarang telah digantikan oleh Startup.cs. Di sinilah kita nanti akan banyak melakukan konfigurasi untuk menggunakan MVC dan setting routingnya, EF, Web API, dependency injection dan lain sebagainya. Startup dibahas pada tulisan selanjutnya.

Selanjutnya ada wwwroot yang digunakan untuk meletakkan file static seperti css dan gambar (kalau di Rails semacam folder public) jadi nanti file-file di bawah folder ini akan bisa diakses langsung melalui browser. Misal mau pakai css di Razor

Ada juga Dependencies sebagai tempat meletakkan file-file javascript hasil dari client side dependency melalui bower dan npm.

Dan yang terakhir adalah bagian penting dan keren dari pembaruan ini adalah project.json, saya bahas pada poin selanjutnya

project.json

Saya perlu memberitahukan ini bahwa sekarang pada ASP.NET 5 baik MVC, Web Form maupun API adalah satu kesatuan. Jadi saat kita membuat sebuah project baru maka tinggal kita tambahkan apa yang akan kita inginkan. Ingin menggunakan MVC maka tambahkan MVC, ingin yang lain maka tambahkan yang lain.

Buka project.json dan lihat pada bagian dependencies

Di atas adalah dependency minimal yang disediakan template. Jika ingin menggunakan MVC maka kita tambahkan library MVC pada bagian ini. Kerennya, kita mendapat bantuan dari intellisense untuk mencari library yang kita butuhkan.

4. Dependencies

Dynamic Compilation, Yeay!

Sekarang jalankan project dengan menekan Ctrl + F5, berikut adalah hasilnya

5. Hello World

Coba ubah isi dari Startup.cs menjadi seperti di bawah, jangan lupa untuk menyimpan perubahan Anda.

Kembali ke browser dan refresh. Sekarang tulisan yang ditampilkan berubah.

6. Agung Setiawan

Fitur yang ini membuat kita tidak perlu menyetop project yang sedang berjalan kemudian menjalankannya kembali untuk melihat perubahan yang terjadi. Jadi mirip bahasa yang interpreted ya seperti PHP dan Ruby.

Penutup

Perjalanan masih cukup jauh karena ini masih permulaan. Tulisan selanjutnya akan membahas mengenai Startup 😉

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

3 thoughts on “Tur Mini ASP.NET 5 : Bagian 1 – Memulai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *