Tips Bekerja di Rails Console dengan Lebih Efisien

Rails console bagi saya adalah perkakas ajib yang selalu saya buka saat sedang bekerja di Ruby on Rails, sudah seperti kalau bernafas, otomatis. Pengunaannya bervariasi, paling sering saya gunakan untuk coba-coba kode.

Saya rasa programmer Rails lainnya pun banyak menggunakan waktu mereka untuk bekerja menggunakan rails console. Dengan seringnya kita bekerja di console, akan lebih baik jika kita bisa mengerjakan sesuatu dengan lebih efisien sehingga menghemat waktu dan tenaga kita.

Saya berhasil menemukan dan mengumpulkan beberapa informasi berharga mengenai bekerja dengan rails console yang efisien dan akan saya share di tulisan ini.

Reverse Search

Karena tujuan saya menggunakan console adalah untuk coba-coba kode maka kegiatan ini akan dipenuhi dengan trial dan error. Semakin banyak coba-coba semakin banyak juga perintah yang saya jalankan.

Suatu saat jika saya ingin kembali memanggil perintah yang sudah digunakan sebelumnya, tak ada cara lain (untuk saat ini) selain mengetik ulang atau menggunakan tombol arah ke atas (arrow up) untuk mencari history perintah yang sudah pernah dijalankan.

Kalau perintah yang ingin saya jalankan kembali itu jaraknya dekat, hanya 1-5 kali tekan tombol arah atas masih enaklah. Lebih dari itu bisa menyakitkan.

Sebenarnya ada fitur reverse search yang bisa digunakan. Sudah tahu?

Di dalam console rails gunakan tombol-tombol ini.

1. Ctrl + r : masuk ke mode reverse search. Di sini kita bisa search apa yang ingin kita cari. Fitur ini cukup cerdas untuk mencocokan apa yang kita ketikkan dengan bagian kode yang sudah kita jalankan.

2. Ctrl + r lagi : mencari hasil lain yang lebih cocok

3. Enter : mengeksekusi perintah yang dicari

4. Ctrl + g : keluar dari mode reverse search

5. Esc : keluar dari mode reverse search tetapi perintah yang ditemukan akan berada di console untuk keperluan editing

reverse-search

Navigasi Kursor

Sejak mengenal dan kemudian benar-benar bekerja menggunakan vim saya merasa ketagihan dengan navigasi kursor yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan keyboard.

Bermula dari situ saya coba mencari cara yang hampir sama dengan vim untuk melakukan navigasi di console rails. Berikut ini adalah yang sering saya gunakan.

1. Ctrl + a : pergi ke bagian paling depan baris
2. Ctrl + e : pergi ke bagian paling akhir baris
3. Ctrl + u : hapus semua karakter di belakang kursor
4. Esc + f : pergi ke kata di depan kursor
5. Esc + b : pergi ke kata di belakang kursor
6. Esc + d : hapus satu kata di depan kursor
7. Esc + backspace : hapus satu kata di belakang kursor

Lupa Menyimpan pada Variabel

Contoh masalahnya seperti ini, saya sudah menulis kode untuk mendapatkan data dari sebuah objek yang niatnya akan saya gunakan pada pemrosesan selanjutnya. Akan tetapi, saya lupa menyimpannya pada sebuah variabel.

Kita bisa saja menggunakan gabungan 2 cara yang kita sudah pelajari di atas tentang reverse search dan navigasi ke paling depan baris atau lebih baik menggunakan gabungan tombol arah ke atas (untuk menampilkan perintah terakhir yang dijalankan) dan navigasi.

Percaya kalau ada yang lebih maknyus?

Tanda underscore ( _ ) digunakan untuk mewakili perintah terkahir yang kita jalankan sehingga untuk mewujudkan apa yang sebenarnya saya inginkan cukup seperti ini.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *