Spring MVC Meload JavaScript CSS (Static Content)

Spring MVC Load Static Content

Apa jadinya bila sebuah website atau sebuah aplikasi web tidak menggunakan JavaScript dan juga CSS. Sudah pasti akan terlihat kering kerontang garing dan pengguna pun akan bosan dan perlahan-lahan enggan mengunjungi atau menggunakannya kembali. Di era RIA (rich internet application) saat ini penggunaan JavaScript dan CSS wajib digunakan pada sisi klien.

Bagi yang terbiasa menggunakan PHP meload sebuah file JavaScript ataupun CSS, juga gambar (static content) bukanlah masalah, tinggal refer saja ke folder dimana file-file itu berada . Lain halnya jika kita membangun sebuah aplikasi web menggunakan Spring MVC, kita perlu menanganinya secara khusus.

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara meload static content pada aplikasi web berbasis Spring MVC.

Persiapan

Siapkan sebuah file JavaScript atau CSS atau static content lainnya yang akan digunakan dalam project. Pada tulisan ini saya menggunakan file jQuery versi jadul yaitu [rad-hl]jquery-1.7.1.min.js[/rad-hl].
Buat sebuah direktori dibawah [rad-hl]Web Pages[/rad-hl] dengan nama [rad-hl]js[/rad-hl] misalnya, kemudian letakkan berkas JavaScript kita didalam direktori tersebut. Agar lebih jelas berikut adalah screenshot-nya, perhatikan bahwa direktori tersebut sejajar dengan [rad-hl]WEB-INF[/rad-hl]

js

Konfigurasi

Supaya file-file static bisa dipanggil dari dalam Spring MVC maka kita membutuhkan sebuah konfigurasi. Konfigurasi pada Spring ada 2 cara, pertama menggunakan XML, dan yang kedua menggunakan kode Java. Kita akan bahas kedua konfigurasi tersebut untuk mengenali static content.

Jika menggunakan XML cukup tambahkan baris berikut pada file konfigurasi

Sedangkan jika menggunakan konfigurasi Java cukup tambahkan method berikut pada kelas konfigurasinya

Pemanggilan file

File static sudah kita taruh pada direktori yang benar dan konfigurasi pun sudah kita lakukan. Sekarang saatnya kita memanggil file tersebut dari dalam Spring MVC (lebih tepatnya pada bagian [rad-hl]View[/rad-hl] dari pola MVC). Saya menggunakan View berupa file JSP sehingga pemanggilannya adalah seperti dibawah ini

Semoga bermanfaat
Selamat berkarya
😀

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

2 thoughts on “Spring MVC Meload JavaScript CSS (Static Content)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *