Ruby Forwardable Screencast

Fufufu akhirnya saya berhasil memaksakan diri untuk membuat satu episode screencast. Niat untuk membuat screencast secara rutin sudah ada sejak lama. Saya membeli software perekam layar bernama Screen Flow itu dari akhir tahun 2015. Kemudian saya membeli microphone supaya suara yang dihasilkan di screencast menjadi jernih sekitar 6 bulanan yang lalu.

Kendalanya apa? Seperti kendala semua orang, perlu belajar dulu supaya bisa. Belajarnya ternyata tidak gampang sehingga malah saya tunda-tunda terus hingga semalam saking ngaplo-nya bingung mau ngapain, saya coba-coba membuat screencast saja.

Pertama saya coba ngoding sambil sekaligus ngomong. Wah berkali-kali belum lancar. Saya coba pendekatan lain, saya rekam layarnya dulu tanpa suara di Screen Flow kemudian saya rekam suara untuk narasi dan penjelasan kode melalui Garage Band.

Setelahnya, saya gabungkan keduanya di Screen Flow dan mulai melakukan editing. Untuk video sesingkat ini yang berdurasi hanya 2.5 menit saya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk semua prosesnya, wew lama banget ya, namanya juga masih belajar hehe.

Hasilnya saya merasa belum maksimal. Kode yang saya ketik beberapa kali mengalami typo, suara narasi belum halus editing-nya, resolusi video juga belum pas sehingga terlihat kecil. Intinya memang masih perlu belajar dan coba-coba lagi.

Nah sekarang silakan lihat hasilnya di bawah ini. Saya minta masukannya ya, apa yang kurang, apa yang perlu ditambahkan dan lain-lainnya.

Seperti yang saya bilang soal resolusi yang masih belum pas, saya berencana akan merekam ulang layarnya saja, untuk audio masih menggunakan file yang sama. Kalau sudah jadi akan saya share lagi. Untuk saat ini nikmati apa adanya dulu hehe. Kalau video kekecilan silakan dibuka langsung di youtube aja dengan link ini

UPDATE
Saya coba memperbaiki kualitas videonya menjadi seperti ini

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

5 thoughts on “Ruby Forwardable Screencast

  1. Paling noice di suaranya aja om yang masih perlu di-ilangin. Barangkali di headphone milik njenengan sudah clean tapi pake headset saya yang abal-abal ini masih kerasa “sssssssssshhhhh”-nya.

    Sama besarin dikit ukuran font terminalnya. Soalnya berdasarkan temen-temen di komunitas, mereka sering liat video screencast itu di ponsel pas lagi perjalanan, atau pas lagi nunggu apa gitu.

    Terus berkarya om. 🙂

  2. Paling noice di suaranya aja om yang masih perlu di-ilangin. Barangkali di headphone milik njenengan sudah clean tapi pake headphone saya yang abal-abal ini masih kerasa “sssssssssshhhhh”-nya.

    Sama besarin dikit ukuran font terminalnya. Soalnya berdasarkan ‘penerawangan’ saya di temen-temen komunitas, mereka sering liat video screencast itu di ponsel pas lagi perjalanan, atau pas lagi nunggu apa gitu.

    Terus berkarya om.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *