Operator nameof di C# 6.0

Jika kamu sudah menggunakan Visual Studio versi yang paling baru yaitu Visual Studio 2015 maka sadar atau tidak sadar bahasa C# yang kamu gunakan pun sudah versi paling baru, versi 6. Pada C# versi 6 ini diperkenalkan sebuah operator baru yang bernama nameof. Tulisan saya kali ini akan membahas nameof dan contoh penggunaannya.

C#

Operator nameof sangat bermanfaat jika kita ingin mendapatkan nama dari sebuah variabel alih-alih nilai yang disimpan oleh variabel yang bersangkutan. Dengan adanya operator nameof maka penggunaan hard-coded string bisa dihindari.

Operator nameof menerima parameter berupa string kemudian mengembalikan data berupa literal string dari nama variabel tersebut, ingat nama, bukan nilainya. Parameter yang bisa dimasukkan di dalamnya bisa berupa nama kelas, method dan variabel.

Agar benar-benar mengerti maka berikut saya berikan contohnya.

Hmm kelihatannya tidak ada gunanya ya? ?

Oke, saya kasih tahu contoh penggunaannya yang benar-benar berguna dan dipakai secara nyata di industri.

ArgumentNullException adalah sebuah jenis exception yang digunakan untuk memberi peringatan bahwa sebuah variabel tidak boleh bernilai null. Exception ini, ketika terjadi, memberitahu software developer variabel mana yang tidak boleh bernilai null sehingga si software developer tadi menjaga dengan validasi supaya variabel jangan sampai null.

Dari mana software developer tahu variabel mana yang tidak boleh null ketika exception terjadi?, dari parameter yang dimasukkan di ArgumentNullException.

Misal kita menggunakan method methodName di atas tetapi parameter yang kita masukkan null maka exception akan terjadi dan memberitahukan kita bahwa foo tidak boleh bernilai null.

Sudah saya katakan di awal tadi bahwa operator nameof bermanfaat karena bisa menghilangkan penggunaan hard-coded string. Dengan demikian kode di atas bisa kita ubah menjadi seperti di bawah ini

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *