Ngoding untuk Semua

Tulisan ini adalah esai singkat yang saya ikutsertakan pada kompetisi menulis dalam rangka sumpah pemuda yang diadakan kantor tempat saya bekerja dengan tema “Sesuai dengan aktivitas sehari-hari yang kamu kerjakan saat ini, apa yang akan kamu lakukan untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik?” Alhamdulillah tulisan ini berhasil menjadi juara 1 dengan mengungguli 42 karya lainnya.

Membuat Indonesia menjadi lebih baik bagi saya dengan kegiatan sehari-hari sebagai seorang software engineer di Bukalapak adalah menyumbangkan pengetahuan tentang dunia software engineering yang saya miliki kepada para pemuda Indonesia. Akan menjadi jauh lebih baik jika kata ganti orang pertama tunggal pada kalimat pertama diganti menjadi kata ganti orang pertama jamak yaitu dari saya menjadi kita. Artinya saya juga ingin mengajak kita semua yang memiliki pengetahuan di IT untuk berbagi.

Berbagi tentang dunia IT dilakukan supaya orang-orang yang belum mengerti menjadi mengerti dan yang belum tertarik dengan IT bisa tertarik. Saya teringat dengan perkataan Ozzy Osbourne, musisi metal legendaris, “I don’t want you to play me a riff that’s going to impress Joe Satriani; give me a riff that makes a kid go out and buy a guitar and learn to play.“. Persis seperti itu yang ingin saya lakukan. Berbagi tentang dunia silat perkodingan bukan untuk membuat bos-bos perusahaan IT terkesan tetapi supaya anak-anak muda menjadi tertarik dengan IT dan mulai menekuninya.

Salah satu yang ingin saya lakukan adalah mengajak semua engineer di BukaLapak pada khususnya dan semua programmer di Indonesia pada umumnya yang sudah berpengalaman untuk berbagi ilmu dan pengalamannya melalui sebuah blog sehingga ilmu tersebut bisa ditularkan secara gratis kepada siapa saja yang membacanya. Banyak orang jago IT di Indonesia tetapi sangat sedikit yang membagikan ilmunya melalui blog. Bandingkan dengan orang-orang di belahan dunia barat terutama Amerika Serikat yang selain jago-jago juga rajin menulis untuk membagi ilmunya.

Kenapa blog?. Media ini murah. Gampang diakses dari mana saja, oleh siapa saja, kapan saja dan bisa diulang. Di sini blog menang telak jika dibandingkan media lain. Seminar misalnya, hanya bisa diikuti oleh ratusan orang maksimal, dalam waktu tertentu, di tempat tertentu dan tidak bisa diulang. Andaikan kita tidak paham apa yang dikatakan pembicara maka jelas tidak bisa mendengarnya sekali lagi untuk memahami kembali.

Kenapa berbagi ilmu tentang ngoding ?. Dengan  ngoding seorang akan mengetahui cara sebuah teknologi bekerja. Dengan ngoding seorang pribadi akan mengerti bahwa dibalik perangkat canggih yang kita gunakan itu ada ilmunya, bukan ilmu sihir apalagi persekutuan dengan jin. Dan dengan ngoding seseorang bisa mendapatkan penghasilan tinggi tanpa harus sekalipun mengenyam pendidikan di tingkat sarjana. Ingat, IT adalah sektor yang sedang hot.

Ngoding bisa dikatakan merupakan sebuah ilmu yang unik karena dia bisa dipelajari tanpa kita harus sekolah tetapi dengan syarat ada sumber ilmu yang dibagikan oleh orang lain. Dunia IT sangat bergantung kontribusi dari kita. Apa jadinya kalau tidak ada yang nulis artikel di internet, kita googling tapi tidak menemukan apa yang kita inginkan. Dunia IT akan ngenes kalau tidak ada yang berbagi. Mungkin ini juga salah satu penyebab beberapa pengusaha IT mengeluhkan susahnya mencari programmer yang jago?, karena ilmu yang ada di Indonesia tidak menyebar secara merata.

Penduduk Indonesia jarang yang bisa berbahasa Inggris, padahal sebagian besar sumber ilmu tentang IT tersedia dalam bahasa Inggris. Jangan heran kalau banyak pemula yang kehilangan arah karena bahasa inggris-pun tidak bisa. Apakah salah dia?. Tidak 100% benar karena ketersediaan ilmu dalam bahasa Indonesia yang sangat kurang. Yang mau menulis dan berbagi tentang IT supaya semua orang bisa ngoding atau ngoding untuk semua siapa kalau bukan kita?

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

One thought on “Ngoding untuk Semua

  1. Very nice article! I found this interesting blog in this afternoon, how lucky I am. 😀
    Why don’t you add search form? It’d be better with that though. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *