Menjalankan Aplikasi Java Web Menggunakan Jetty

Jetty

Saat kita ingin menguji fungsionalitas dari aplikasi web yang kita bangun menggunakan pengujian manual, yaitu mencoba menu dan fasilitas yang ada pada sistem tersebut satu per satu maka diperlukan aplikasi tersebut berjalan diatas sebuah web server dan tidak jarang kita melakukan proses deploy undeploy ketika ada perubahan pada sistem untuk kemudian mengeceknya kembali.

Jetty merupakan sebuah web server pada Java yang bisa digunakan secara internal. Internal yang dimaksud adalah web server berada didalam aplikasi. Hal ini tentunya berkebalikan dengan kebiasaan dimana aplikasi yang ingin dijalankan harus dideploy kedalam sebuah web server. Dengan menggunakan Jetty ini pada tahap pengembangan maka menurut saya pribadi untuk mengetes aplikasi menjadi mudah. Tidak perlu bolak-balik deploy undeploy ke dan dari Tomcat atau server yang lain. Cukup dengan sekali perintah sakti maka aplikasi web bisa dijalankan :D.

Oke, sekarang bagaimana cara menggunakan Jetty. Gampang saja, tinggal tambahkan plugin Jetty pada file pom.xml dari Maven. Contohnya seperti dibawah ini

Terus bagaimana cara menjalankannya sehingga aplikasi web bisa dijalankan via browser?. Gampang juga, tinggal ketikkan perintah sakti dibawah ini pada command line.

Setelah itu silahkan buka browser pada url http://localhost:8080

Semoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *