Mencari Hobi Baru

Saya dan banyak orang lain berpendapat bahwa hobi yang sekaligus menjadi pekerjaan adalah hal menyenangkan karena selain hobi tersalurkan kita pun mendapatkan uang.

Namanya pekerjaan pasti dilakukan secara berulang-ulang. Memang menyenangkan tetapi sesuatu yang sifatnya berulang cenderung akan menjadi membosankan dan sampailah akhirnya saya merasa jenuh dan terparahnya adalah burnout.

Hobi saya adalah bermain-main dengan pemrograman komputer dan saya bekerja sebagai seorang software engineer.

Beberapa bulan yang lalu saya akhirnya merasakan apa yang disebut dengan burnout. Definisi di google translate adalah “physical or mental collapse caused by overwork or stress“.

Secara bebas definisi dari burnout yang saya rasakan kemarin adalah seperti ini : Ngoding tetep ngoding tetapi rasanya malas sekali. Di kantor ngoding malas, di rumah ngoding malas, di tempat umum, biasanya kafe, ngoding pun juga malas. Jadi, ngoding waktunya seakan-akan lama tapi sebenarnya waktu untuk ngoding sebentar, tidak fokus dan yang menyiksa adalah, terpaksa. Hal ini justru menambah setres, ngoding lama di depan komputer tetapi hasilnya tidak seberapa alias tidak produktif.

Jauh-jauh hari perihal ini sudah diperingatkan oleh teman saya begitu mengetahui saya tidak ada hobi atau kegiatan refreshing lain selain berkutat dengan komputer dan pemrograman.

Dia menyarankan saya untuk memiliki hobi baru yang tidak berkaitan dengan pemrograman karena jenuh pasti akan datang. Di kantor ngoding pada hari kerja dan kemudian pada waktu kosong lainnya serta akhir pekan masih juga seputar ngoding.

Awalnya saya tidak menggubris omongan teman saya. Saya beranggapan yang namanya passion ya seperti ini (makan tuh passion ?), kalau mau jadi hebat di programming ya seperti ini caranya, hobi cuma programming saja tidak ada yang lain, waktu dihabiskan di depan komputer untuk ngoding – cari informasi seputar ngoding – nulis artikel di blog soal ngoding – baca buku kodingan – lihat tutorial video kodingan dan seterusnya. Sampai negara api datang menyerang burnout datang melanda.

Salah Satu Solusi : Cari Hobi Baru

Salah satu solusi yang sudah saya terapkan adalah dengan memiliki hobi lain di luar programming, kalau belum memiliki tentu harus mencarinya terlebih dahulu.

Masih banyak hal-hal menarik yang belum pernah kita coba dan tanpa mencoba hal lain yang sama sekali baru bagaimana kita bisa menemukan sebuah kesenangan baru?.

Saya pribadi memilih hobi merakit Gundam dengan pertimbangan ngasal saja alias random. Awalnya sekadar coba-coba eh akhirnya ketagihan 🙂

Kalau saya tidak mencoba merakit gundam atau hal baru lainnya tentunya sampai saat ini saya masih males ngoding.

Memang yang dibutuhkan untuk mencoba hal-hal baru adalah keberanian, keberanian melawan rasa nyaman karena perulangan. Kenyamanan karena perulangan ini sebenarnya belum tentu nyaman dalam arti nyaman menurut kamus, bisa jadi nyaman yang terciptakan adalah lebih ke arah terbuai. Kita tidak berani mencoba yang baru karena sudah malas bergerak.

IMG_20160118_104134

Tahu Pak Endy? master sekaligus sesepuh Java di Indonesia. Saya tanya langsung kepada beliau seputar hobi apa yang dimiliki selain programming dan dari jawabannya bisa diambil kesimpulan bahwa selain hobi ngoding yang sekaligus menjadi pekerjaan, Pak Endy juga memiliki hobi lain yaitu fotografi, traveling dan mengajar.

Mencoba, Eksplorasi

Perlu diakui memang kita jarang mencoba dan eksplorasi hal yang baru. Contoh paling gampang, tempat kita membeli makanan pasti di situ-situ aja padahal di sekitar kita ada banyak sekali penjual makanan.

Sepertinya kita memang mudah merasa nyaman alias terbuai dengan perulangan-perulangan dan mungkin itu juga yang menyebabkan sedikitnya inovasi yang lahir. Pernah dengar inovasi yang lahir dari hal-hal lama yang biasa kita lakukan? gak ada laa. Namanya inovasi pasti merupakan hal baru dan hal baru hanya bisa didapatkan dengan berani mencoba, berani eksplorasi.

Satu yang akan terus saya ingat adalah ketika beberapa bulan lalu ragu untuk mencoba, ragu untuk melakukan eksplorasi hobi baru (Gundam), pesan dari teman saya langsung membuat keraguan hilang.

Ya beli satu aja seumur hidup Biasanya klo udah tua suka nyesal bukan krn melakukan sesuatu..tapi krn tidak melakukan sesuatu

Nah!

By the way sekarang saya sudah merakit 6 gundam, 5 milik saya sendiri dan 1 kepunyaan seorang teman. Oh iya masih ada satu gundam yang terbungkus rapi tinggal menunggu untuk dirakit 🙂

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *