Memperkenalkan idRails Tempat Belajar Ruby on Rails

Halo semua 😀 , Hari ini saya dan teman saya Ardian resmi memperkenalkan side project kami berdua yaitu idRails.

idrails

Apa itu idRails?

idRails adalah tempat untuk belajar Ruby dan Ruby on Rails secara terstruktur dan menggunakan Bahasa Indonesia.

Terstruktur dan berbahasa Indonesia adalah dua poin yang kami utamakan.

Terstruktur maksudnya materi disampaikan secara urut dari awal sampai akhir seperti layaknya kita belajar dari buku atau belajar dari course online semacam Udemy. Hal ini jauh beda dengan materi yang disajikan lewat blog dimana konten tidak terstruktur yang lebih cocok digunakan bagi mereka yang sudah memiliki level intermediate keatas.

Berbahasa Indonesia. Kami melihat sumber pengetahuan mengenai Ruby dan Ruby on Rails menggunakan Bahasa Indonesia sangat jarang ditemukan (bahkan untuk semua teknologi tidak jauh berbeda). Jadi kenapa tidak kami buat saja?

Apa Bentuk Konten idRails?

idRails akan menggunakan 2 jenis media penyampaian materi. Pertama berbentuk artikel/blog post dan kedua menggunakan screencast/video tutorial.

Hal yang belakangan ini yang kami anggap seru karena kami belum pernah membuatnya dan di sinilah pengalaman pertama tersebut akan diperoleh (kalau tidak sekarang kapan lagi? 😉 ).

Sudah Sampai Mana idRails?

Saat ini pembaca bisa mengunjungi http://idrails.com dan menemukan bahwa idRails masih dalam status coming soon.

Kami masih dalam tahap pengerjaan. Lumayan membutuhkan waktu karena kami memilih untuk membangunnya dari 0 (nol) menggunakan apa lagi kalau bukan Ruby on Rails itu sendiri. Awal-awal sempat diskusi apakah akan menggunakan wordpres yang kemudian kami putuskan tidak karena pertimbangan customisasi yang mesti ngoprek wordpress sedangkan kami berdua tidak suka dengan PHP (karena kami pria baik-baik 😛 ).

Sempat juga terpikir menggunakan static web generator, pilihannya waktu itu Jekyll dan HexoJs namun kembali tidak dengan alasan lebih susah mempelajari sistem yang sudah dibuat orang lain daripada buat sistem sendiri.

Kalau saya pribadi lebih suka alasan ini : bisa digunakan sebagai portofolio ?.

Untuk mengetahui perkembangan terkini dari idRails silahkan like halaman facebook idRails di link berikut https://www.facebook.com/idrails.

Untuk Siapakah idRails?

idRails kami targetkan bagi individu yang ingin belajar web development menggunakan Ruby on Rails dan juga bagi mereka yang ingin belajar web development tetapi masih belum tahu mau konsen di teknologi apa (kami menghasut supaya masuk ke Ruby on Rails hahaha…).

Apakah idRails Berbayar atau Gratis?

Saat ini kami belum berpikir mengenai monetisasi. Karena ini merupakan side project dan seperti yang saya tulis di about bahwa yang namanya side project bagi saya adalah untuk bersenang-senang maka konten dari idRails untuk saat ini adalah gratis.

Seberapa Sering Ada Konten Baru di idRails?

Mengenai frekuensi update, kami akan mengeluarkan 2 materi baru dalam satu minggu khusus untuk materi dalam bentuk artikel. Materi dalam bentuk screencast masih dalam tahap uji coba jadi belum bisa kami pastikan.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *