Langganan Screencast, Pilih yang Mana?

Dari beberapa metode belajar yang ada, selain buku yang masih menjadi favorit tentunya, satu yang bagi saya menarik karena gampang untuk ditangkap ilmunya adalah screencast. Screencast atau video tutorial memiliki kekuataan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan buku atau metode lainnya misal seminar.

Saya termasuk orang yang lebih cepat paham dengan suatu materi jika disampaikan dalam bentuk video meskipun tidak masalah jika dalam bentuk tertulis karena ternyata ada juga yang cuma bisa salah satunya. Baca buku males, ada. Menyimak video tutorial, pusing, juga ada.

Ada banyak screencast yang tersedia di internet. Sepertinya sebagian besar yang buat adalah orang Amerika atau setidaknya mereka orang-orang di belahan bumi barat sana.

Dari sekian banyak itu beberapa yang membuat saya tertarik untuk berlangganan adalah rubytapas, elixirsips/dailydrip dan laracasts. Ketiganya sama-sama tentang pemrograman komputer, yang beda adalah masalah teknologi yang digunakan.

Rubytapas, dari namanya sudah sangat jelas bisa ditebak, adalah screencast yang fokus pada bahasa pemrograman Ruby. Di dalamnya lebih banyak dibahas tentang design, refactoring dan internal dari bahasa Ruby itu sendiri, tidak ada tentang Ruby on Rails. Jika kamu berharap isinya mendekati railscasts yang sudah mati maka besar kemungkinan akan kecewa.

Dari episode-episode gratis yang bisa disimak, saya seneng dengan topik yang dibahas serta cara penyampaiannya. Kalau mau tahu Ruby secara dalam saya rasa berlangganan di sini akan sangat berharga. Rata-rata video yang ada hanya 5-7 menit. Singkat namun padat.

Salah satu tulisan yang saya buat tentang chmod 777 tersinpirasi setelah saya menyimak pembahasan di sana. Kali lain saya lihat episode yang gratis membuat saya berpikir “Wah ternyata bisa gitu ya”. Sangat bermanfaat untuk tahu Ruby dengan dalam.

Karena saya adalah seorang Ruby developer maka berlangganan di sini adalah suatu yang sifatnya natural. Kerja sehari-hari dengan Ruby maka kalau mau dewa di Ruby simak semua video yang ada di sini.

Dengan harganya yang $18 perbulan terhitung tidak terlalu mahal meskipun tidak bisa dikatakan murah karena jika dibandingkan dengan yang lain ada yang harganya separuh dari harga di sini. Intinya biaya segitu pantas dan sanggup bayar haha.

Kedua adalah elixirsips / dailydrip. Elixirsips isinya tentang bahasa pemrograman Elixir dan juga web framework-nya, Phoenix juga Dynamo, termasuk ORM-nya, Ecto. Elixir dibuat oleh orang yang dulunya (atau masih?) aktif di dunia Ruby on Rails, Jose Valim.

Fakta ini membuat secara sekilas sintaks yang digunakan mirip dengan Ruby. Tidak hanya itu, hal yang saya amati tentang elixir adalah orang-orang yang belajar elixir banyak yang asalnya dari Rubyist dan Rails developer. Pertanyaannya kenapa ga ikut-ikuta juga? hhaaa.

Bukan itu sih alasannya. Alasan yang tepat adalah karena saya ingin mencoba bahasa pemrograman yang termasuk dalam kategori functional programming. Katanya asik kalau udah ngerti. Elixir ini termasuk functional.

Dibandingkan yang lain seperti misalnya Haskell atau Clojure, Elixir saya lihat lebih rame buku dan tutorialnya termasuk tulisan-tulisan di blog orang. Dan seperti tadi yang sudah saya katakan, banyak orang Ruby yang belajar Elixir sehingga komunitasnya bakalan ada.

Saya belum lihat contoh episode yang diberikan karena ga paham sama sekali Elixir sehingga saat nyimak cuma bakal bengong. Harganya murah, cuma $9 perbulan, setengah dari rubytapas tadi.

Kira-kira dari segi ekonomi belajar elixir worth kah?, tahu sendiri di Indonesia bahasanya yang rame itu-itu aja. Pertimbangan lain adalah, Ruby aja belum dewa kok udah mau belajar Elixir, hasilnya nanti cuma tahu banyak hal tapi sedikit. Hmmmm still not sure.

Ketiga adalah laracasts. Kemungkinan besar kamu tahu ini. Membahas PHP dan Laravel. Harganya murah $9 per bulan, kontennya bagus. Author-nya, Jeffrey Way, sangat brilian dalam menyampaikan materi. Pokoknya asik deh menyimak dia menyampaian materi.

Beberapa hal yang dibahas selain PHP dan Laravel adalah tentang tools yang berkaitan dengan ngoding seperti Sublime Text, GIT serta Vim.

Yang membuat saya tertarik dengan laracasts adalah cara Jeffrey menyampaikan materi, benar-benar brilian, enak pokoknya. Mirip-mirip jaman SMA, seneng dengan materinya kalau gurunya menyampaikan materinya dengan enak. Alasannya tentu tidak sebatas itu. Laravel itu pasaran banget di Indonesia, banyak massanya. Misal saya belajar PHP dan laravel terus jago, kan bisa nyari side job yang pakai PHP dan atau laravel. Benefit lain adalah memanfaatkan pasar yang ada dan pengetahuan yang saya punya untuk menjual sesuatu ke pasar ini, misal buku, tutorial, training dan lain sebagainya. Pasarnya sudah ada lho dan besar.

Tambahan lagi, laravel setahu saya banyak mencontoh Rails. Jadi mungkin bisa dengan modal saya di Rails akan cepat bisa laravel dan ketika saya dapat ilmu baru di laravel dari suatu tempat bisa diterapkan di Rails.

Dari ketiganya saya masih lebih prefer rubytapas, kemudian elixirsips/dailydrip baru laracasts karena di PHP dan Laravel pengetahuannya tidak akan jauh beda di Ruby dan Rails, cuma beda bahasa. Tidak ada perbedaan paradigma pemrograman. Yah walaupun sebenarnya pasarnya besar untuk dijadikan uang dengan materi edukasi.

So, langganan yang mana?

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

4 thoughts on “Langganan Screencast, Pilih yang Mana?

  1. Salam kenal mas agung setiawan. Sy pemula yang bnr2 pemula coding. Sebatas pernah belajar C dan C# (tdk dalam). Dari postingan “Jangan Terus-Terusan Hanya Belajar Bahasa atau Framework” dan dari lihat2 blog ms agung, sy tertarik bljr satu bahasa pemrograman. Kalau ttg ruby, ms agung ada referensi webiste yg bisa bimbing dari nol, ga ya?

  2. Buat yang mau belajar Rails, sayang sekali Railscast sekarang sudah tidak dilanjutkan lagi ya. Alternatifnya: GoRails, sepadan dan penjelasannya sama jelasnya 😀

    1. Langganan di sana Mas?
      Gorails ini bagus tapi saya kurang suka dengan materi yang diberikan dan penjelasannya kadang panjang banget. Beda dengan railscasts dan atau rubytapas yang padat. Pace-nya pun ga teratur, bisa jadi 1 bulan hanya ada 2 yang edisi pro-nya.

      Sudah tahu ini Mas?, free semua sampai saat ini https://www.driftingruby.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *