Klien REST Menggunakan Jersey Client

This entry is part 3 of 4 in the series JAX-RS Rest Web Service

Kalau ada web service tentu juga ada klien yang memanfaatkan layanan yang telah disediakan tersebut. Kalau tidak ada klien lalu buat apa capek-capek bikin web service. Tulisan ini bermaksud menunjukkan pembuatan klien sebuah web service yang dibuat dengan memanfaatkan library Jersey client.

Dasar JAX-RS

Tutorial yang sedang kamu baca ini merupakan lanjutan dari 2 tulisan sebelumnya mengenai REST web service menggunakan Jersey. Silahkan cek pada link berikut :
Dasar REST Web Service Menggunakan JAX-RS (Jersey)
Output JSON pada JAX-RS (REST Web Service)

Dependensi

Tambahkan sebuah library pada file pom.xml. Library ini berisi kelas-kelas untuk menyusun klien.

Klien

Pada tulisan yang telah lalu ketika kita mengakses http://localhost:8084/JaxRsHello/rest/hello/customers maka kita akan memperoleh sebuah String Json yang merepresentasikan data beberapa customer.

Tugas klien adalah menerima data berupa JSON tadi yang diberikan oleh web service untuk dimanfaatkan sesuai keperluan. Sebelum bisa dimanfaatkan tentu perlu dilakukan konversi dari data JSON menjadi objek yang dikenali oleh bahasa pemrograman yang digunakan sebagai klien.

Klien sengaja saya buat sangat sederhana dengan bentuk aplikasi konsol yang menerima data JSON dari web service kemudian mengubahnya menjadi sebuah List. Pengecekan saya lakukan dengan cara primitif, yaitu mencetak hasilnya ke konsol, kalau mau pakai cara modern silahkan pakai JUnit, saya sedang malas membuatnya hehehe…

output:

Kesimpulan

Dengan menggunakan Jersey Client kita bisa membuat sebuah klien yang mengkonsumsi JSON yang dihasilkan oleh web service dan mengubahnya kembali menjadi objek Java untuk dimanfaatkan lebih lanjut. Selain itu pembuatan klien bisa dilakukan dengan mudah berkat bantuan library tersebut.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

One thought on “Klien REST Menggunakan Jersey Client

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *