Java : Bermain-main dengan MVC Tanpa Menggunakan Framework

Java itu hebat..
Buat bikin aplikasi desktop bisa. Aplikasi mobile bisa. Aplikasi web apalagi. Kehebatan Java disebabkan salah satunya oleh adanya banyak library dan framework siap pakai yang tersedia di Java untuk berbagai keperluan. Nah.. salah satunya adalah framework untuk pengembangan aplikasi web.

mvc native

Spring MVC merupakan framework berbasis Model-View-Controller yang paling banyak digunakan yang tersedia pada platform Java Enterprise Edition. Kalau pada artikel terdahulu saya sudah menulis tentang konsep MVC secara umum serta contoh penerapannya menggunakan CodeIgniter maka pada tulisan ini saya akan mencontohkan penerapan MVC pada Java.
Akan tetapi tidak menggunakan framework apapun, alias murni menggunakan Java :D.
Masih belum percaya hebatnya Java? hehee..

Kita buat dulu aturan mainnya tentang pembagian tugas pada MVC

-Model : Bagian ini akan ditangani oleh Kelas Java yang melakukan interaksi dengan database, biasa disebut DAO (Data Access Object)
-View : Bagian ini diwujudkan dalam bentuk halaman web menggunakan JSP dan JSTL
-Controller : Bagian ini diimplementasikan dengan menggunakan Servlet yang berguna mengatur aliran request-response dan penghubung antara Model dan View

Pertama buatlah Controller menggunakan Servlet.
Pada method doGet() tambahkan logika untuk mengecek halaman apa yang sedang diakses oleh user sekaligus proses penangananya.

file : MahasiswaController.java

Saya contohkan, pada saat parameter page bernilai null, yaitu pada saat URL berbentuk seperti ini

Maka kode penangananya adalah dibawah ini

Ini berarti view yang akan ditampilkan bernama index.
Model yang digunakan adalah mahasiswaDao yang menjalankan method getAllMahasiswa() untuk mendapatkan daftar mahasiswa yang kemudian disimpan pada variabel mahasiswas.
Variabel tersebut dikirmkan ke View untuk ditampilkan dengan menggunakan

Untuk proses penanganan request yang berupa POST kurang lebih sama.
Tinggal tambahkan kode pengecekan pada method doPost().

Oh iyaa hampir lupa, kita perlu menambahkan konfigurasi Servlet pada web.xml atau menggunakan annotation terserah sesuka kalian.

file : web.xml

Selanjutnya kita buat Model-nya.
Kelas ini yang bertanggung jawab mengenai masalah interaksi dengan database. Controller hanya tahu beresnya sadja dan View hanya tahu cara menamplikannya sadja jadi jangan dicampuradukkan seperti es campur ya hehee.. :D

file : MahasiswaDao.java

Terakhir adalah membuat View.
Saya contohkan view index untuk menampilkan data Semua Mahasiswa

index

Kali ini cukup segini dulu.
Untuk contoh lengkap CRUD-nya akan saya tulis pada tulisan mendatang hehee :D

Ayo Dikomentari Bro Sis

komentar

Agung Setiawan is Java enthusiast and student of software engineering. Although still in newbie level he likes to spread knowledge to other fellow passionate programmers

Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Posted in Java Web
3 comments on “Java : Bermain-main dengan MVC Tanpa Menggunakan Framework
  1. abdul khaliq says:

    Terimakasih mas Agung tutorial “Java : Bermain-main dengan MVC Tanpa Menggunakan Framework” mudah dimengerti, kalau bisa tolong dishare juga source codennya.thx sebelumnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">