Investasi Black Friday

Sekitaran minggu lalu, dimulai dari hari Jumat tanggal 25 November (bahkan ada yang mulai dari Rabu) sampai Senin 28 November 2016, dikenal sebagai masa diskonan untuk warga negara Amerika sana memperingati hari Thanksgiving. Hari diskonannya sendiri sebenarnya yang “official” jatuh pada hari Jumat yang dinamakan Black Friday namun seiring perkembangan jaman ditambahi juga pada hari Seninnya dengan nama Cyber Monday.

Dan karena Amerika adalah negara yang berpengaruh maka kita yang berada di negara timur tenggara jauh juga kebagian rezeki diskon besar-besaran ini. Karena ini adalah momen satu tahun sekali dan diskon yang diberikan memang benar-benar diskon, bukan diskon abal-abal di mana harga barang dinaikkan terlebih dahulu baru kemudian dikenakan diskon, maka saya manfaatkan momen ini untuk melakukan beberapa investasi.

Langganan Gorails.com (50% off)

Sudah lama saya mengintai situs yang berisi screencast Ruby on Rails ini. Harganya murah cuma $9 per bulan tapi saya belum yakin untuk berlangganan karena beberapa alasan di mana di antaranya adalah release pace-nya yang saya anggap lambat dan tidak menentu.

Namun pada suatu waktu Chris si pemilik situs ini memberikan suatu pengumuman melalui blog yang menyatakan harga langganan akan naik setelah Cyber Monday menjadi $19 yang artinya 2x lipat lebih. Hmm trik marketing yang terbukti manjur karena akhirnya saya memutuskan untuk berlangganan supaya mendapatkan harga $9 per bulan daripada kena harga baru $19 per bulan.

Alasan lain kini mantap untuk berlangganan adalah saya sudah bertanya sendiri ke Chris perihal komitmennya untuk merilis minimal satu video setiap satu minggu dan dia menyatakan kesanggupannya.

Buku Master Ruby Web Api (50% off)

Saya juga sudah lumayan lama mengintai buku ini. Buku ini sesuai judulnya membahas tentang pembuatan web api menggunakan bahasa pemrograman Ruby. Di dalamnya tidak hanya dibahas Rails tapi juga Sinatra dan yang lebih asyik adalah fundamental tentang HTTP.

Buku ini dirilis secara self publish sehingga jangan berharap untuk mencari bajakannya karena setahu saya buku self publish jarang sekali ada yang bajakan / membaginya secara gratis :p

Informasi buku : https://devblast.com/c/master-ruby-web-apis

Buku Ansible for DevOps ($ 0.99)

Buku ini pure sifatnya untuk investasi jangka panjang karen berbeda dengan 2 investasi yang saya lakukan sebelumnya pada gorails.com dan buku master ruby web api. Pada 2 investasi tersebut ilmunya bisa langsung saya pakai karena pekerjaan sehari-hari saya berkutat dengan Ruby dan juga Rails sedangkan berurusan dengan Ansible adalah tidak sama sekali.

Ansible ini menggunakan bahasa python dan digunakan untuk provisioning server setahu saya. Kedua hal ini, python dan server adalah 2 hal yang saya belum kenal sama sekali. Ya python sekadar tahu aja tapi tidak pernah menggunakanya. Sedangkan berurusan langsung dengan server tidak pernah (terimakasih untuk tim infra di kantor).

Siapa tahu suatu nanti saya harus setup server sendiri yang digunakan sebagai server aplikasi yang saya buat?

Informasi buku : https://leanpub.com/ansible-for-devops

Buku The Zen Programmer ($ 0.99)

Buku ini saya beli karena 2 faktor. 1 harganya sangat murah dan 2 mengandung tema yang menarik. Melihat informasi buku ini di landing page-nya maka yang bisa saya tarik menjadi kesimpulan adalah buku ini memberikan pandangan hidup bagi seorang programmer dengan bantuan ajaran Zen.

Saya merasa perlu membeli buku ini karena jujur hidup saya kurang merasa tenang dikejar-kejar dengan pekerjaan baik berupa deadline, kesalahan, kecupuan, overwhelmed informasi, overwhelmed perkembangan teknologi dan lain sebagainya. Tidak ada yang salah mencoba membaca buku ini dan juga karena saya sedikit tertarik dengan yang berbau esoteris Budha.

Informasi buku : https://leanpub.com/thezenprogrammer

Bundle Software Architecture for Developers (Free)

Tak perlu penjelasan panjang lebar kalau ini karena selain topiknya yang sangat menarik yang bisa diketahui dari judul bukunya juga karena bundle ini yang berisi 2 buku bisa didapatkan secara cuma-cuma, ga perlu mengeluarkan uang barang sepeserpun.

Informasi buku : https://leanpub.com/b/software-architecture

Seminggu Belajar Laravel (Free)

Karena waktu itu kebetulan hari Jumat dan hari Jumat adalah hari yang paling baik untuk beramal maka saya memutuskan memberikan infaq ke sebuah yayasan tahfid Alquran yang dikelola Aa Gym dengan bonus buku Laravel.

Program gratis buku ini bukan dari yayasannya tetapi dari inisiatif penulisnya sendiri yaitu Mas Rahmat. Caranya tinggal kamu transfer uang ke rekening yayasan tersebut kemudian berikan bukti transfer ke Mas Rahmat lalu buku ini bisa didapatkan.

Saat ini saya belum tertarik belajar Laravel tapi kemungkinan ke depan bisa jadi ada dengan target untuk bisa membuat buku atau konten edukasi berbau laravel karena framework ini di Indonesia laku sangat bak kacang goreng.

Informasi buku : https://leanpub.com/seminggubelajarlaravel

Sampai Jumpa Tahun Depan

Setelah saya hitung-hitung seharusnya saya lebih berani untuk investasi lebih membeli buku atau video tutorial dan atau langganan screencast. Ya Black Friday tahun depan berarti mesti dimanfaatkan 🙂

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *