Cara Gampang Deploy WAR ke Tomcat [Windows]

WAR Tomcat

Bagi yang biasa coding PHP saya rasa tidak kesulitan menjalankan program yang dikembangkan langsung melalui browser (tanpa me-running lewat IDE) karena biasanya file-file source code diletakkan di server(localhost) pada masa pengembangan. Berbeda dengan Java, file-file source code terletak pada folder proyek dan untuk menjalankannya membutuhkan proses running melalui IDE.

Beberapa kali muncul pertanyaan mengenai bagaimana cara menjalankan aplikasi web Java di browser tanpa harus mengeksekusinya melalui Netbeans (maksudnya IDE, secara umum). Artikel yang saya tulis ini akan berusaha menjawabnya, semoga tepat sasaran.

Jawabannya sebenarnya gampang, tinggal upload saja program yang sudah siap deploy ke server misalnya Tomcat. Cara uploadnya pun mudah tinggal copy paste seperti biasanya atau melalui manager yang sudah disiapkan oleh Tomcat.

Cara Pertama

Kita akan bahas terlebih dahulu cara deploy aplikasi web Java dengan cara copy paste biasa.
Pertama hidupkan terlebih dahulu server Tomcat, caranya masuk ke folder ROOT_APACHE/bin (ROOT_APACHE adalah folder instalasi Tomcat) melalui command line dan ketikkan perintah startup
tomcat run

Selanjutnya cari file dengan ekstensi war pada proyek web java yang kamu buat, biasanya terdapat pada folder target atau dist
file WAR

Kopikan file WAR tersebut kedalam folder ROOT_APACHE/webapps, maka secara ajaib akan tercipta folder dengan nama yang sama dengan nama file WAR yang tadi kita kopikan.
copy

Kalau sudah begini maka program web Java sudah bisa dieksekusi pada browser. Secara default context root dari aplikasi web java kita adalah sama dengan nama file war tadi. Jadi untuk menjalankannya pada browser kita ketikkan http://localhost:8080/FinalProject-1.0-SNAPSHOT/

Itu cara pertama, mudah sekali bukan
Cara kedua lebih mudah lagi
Untuk cara kedua akan saya tulis lain waktu karena sebentar lagi akan mengikuti pawai takbir keliling di desa bersama bocah-bocah hehe..
Semoga bermanfaat

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

One thought on “Cara Gampang Deploy WAR ke Tomcat [Windows]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *