ASP.NET Web API Json Response

[S]ecara default ketika kita membuat sebuah project Asp.Net Web Api maka format XML-lah yang dikembalikan. Apakah ini berarti format JSON tidak didukung dan kita harus menambahkannya secara manual?.

JSON Response

Ternyata tidak, yang ada adalah keduanya sudah dikonfigurasikan dari awal. Mengenai kenapa seakan-akan XML yang didahulukan saya sendiri masih mencari jawabannya. Sementara itu sambil mencari jawaban saya ingin berbagi mengenai bagaimana cara untuk mengembalikan format JSON alih-alih XML.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, cara yang paling sederhana adalah dengan membuang support untuk format XML. Alasannya ya karena jaman sekarang ini lebih banyak menggunakan JSON dan seperti (atau memang?) sudah menjadi standar 😀 dan XML mulai ditinggalkan.

Tindakan teknisnya sangat gampang, cukup tambahkan kode di bawah ini pada WebApiConfig.cs yang terletak di folder App_Start.

Muncul dalam benak saya kenapa pihak pengembang tidak melakukan konfigurasi secara default untuk JSON saja dan XML tidak usah disertakan, bagi yang ingin menggunakan XML silahkan melakukan konfigurasi sendiri. Seperti kata “danroth27” dalam diskusi di github mengenai pertimbangan untuk hanya menyertakan JSON sebagai default, dia mengatakan

In general it is better to add something than to have to remove it.

Maksudnya adalah lebih baik format XML tidak didukung secara default dan untuk menggunakannya tinggal ditambahkan daripada XML didukung secara default tetapi jika tidak ingin menggunakannya maka diremove. Secara pribadi saya setuju dengan pernyataan beliau.

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *