ASP.NET 5 di Mac OS X

Pada tahun 2014 melalui event Connect(); Microsoft mengumumkan akan hadirnya .NET Core yang tidak hanya bisa berjalan di atas sistem operasi windows tetapi juga bisa berjalan di atas platform sistem operasi lain seperti Linux dan Mac.

ASP.NET 5 Mac

Pada masa itu, versi dari ASP.NET 5 masih beta sehingga saya belum tergerak untuk mencobanya di platform lain. Akan tetapi, pada tanggal 18 – 19 November kemarin melalui event Connect(); 2015, Microsoft mengumumkan bahwa versi dari ASP.NET 5 telah berubah menjadi RC.

Sekarang tunggu apa lagi pikir saya, versi sudah RC, sistem operasi Mac juga ada untuk mencoba ASP.NET 5 di luar windows. Jadilah tulisan ini.

1. Instalasi DNVM dan DNX

DNVM adalah singkatan dari .NET Version Manager, DNVM digunakan untuk menginstal DNX (.NET Execution Environment) dan memanage-nya. Jadi dengan DNVM ini kita bisa menginstall lebih dari 1 DNX dan bisa memilih versi DNX mana yang akan digunakan. Mirip konsep RVM (Ruby Version Manager) yang digunakan untuk Ruby.

DNVM

Untuk menginstal DNVM jalankan perintah di bawah ini

Jika saat instalasi muncul peringatan yang berkaitan dengan file .bash_profile yang tidak ditemukan maka tinggal buat saja pada folder home dari user pembaca.

Instal kembali DNVM supaya dia menambahkan perintah di dalam file .bash_profile.

DNX

DNX ini yang digunakan untuk mengeksekusi .NET. Untuk instalasi gunakan perintah berikut

Untuk mengecek versi DNX apa saja yang terinstal bisa menggunakan perintah

2. Yeoman untuk Generate Skeleton Project

Menggunakan Visual Studio, saat pertama membuat project ASP.NET maka akan tersedia beberapa template yang sudah siap digunakan sebagai fondasi dan tugas kita selanjutnya tinggal menambahkan atau mengurangi apa yang diperlukan/tidak diperlukan. Visual Studio sampai saat ini hanya berjalan di atas windows, belum ada kabar sama sekali yang mengatakan akan ada versi Visual Studio untuk selain windows.

Sebagai alternatif, Microsoft membuat sebuah editor yang bernama Visual Studio Code. Untuk pengembangan aplikasi menggunakan ASP.NET 5 di luar windows maka yang direkomendasikan adalah menggunakan tools ini.

Visual Studio Code itu cuma editor, bukan seperti Visual Studio yang merupakan IDE jadi kita tidak bisa men-generate skeleton project untuk ASP.NET 5 melalui VS Code seperti layaknya menggunakan VS. Untungnya ada tools yang tujuan utamanya memang untuk melakukan generate yaitu yeoman.

Instalasi Yeoman

Kita perlu menginstall yeoman dan kawan-kawannya seperti grunt dan gulp. Perintah berikut akan menginstall yeoman dan kawan-kawan yang dibutuhkannya.

npm adalah package manager bawaan dari Nodejs sehingga pembaca harus menginstal Nodejs terlebih dahulu untuk bisa menggunakan npm.

Langkah selanjutnya adalah menginstal generator untuk ASP.NET supaya bisa digunakan oleh yeoman. Berikut adalah perintahnya.

Sampai di sini hal yang berbau seting menyeting sudah selesai. Pada poin berikutnya kita akan membuat project ASP.NET 5.

Generate Skeleton Project

Tiba pada bagian yang menegangkan ?. Yeoman memang tools yang sangat sakti untuk melakukan generate. Untuk men-generate project ASP.NET 5 perintah yang digunakan adalah

Berikutnya akan muncul opsi tipe project yang akan dibuat. Pada tulisan ini saya memilih yang Web Application Basic [Without Membership and Authorization], tekan enter dan masukkan nama project yang diinginkan.

Screen Shot 2015-11-29 at 8.47.38 AM

3. Visual Studio Code

Instal Visual Studio Code dengan men-download-nya di https://code.visualstudio.com/. Kemudian buka file .bash_profile yang saya sebut di atas tadi dan tambahkan baris berikut ini di dalamnya.

Tujuannya adalah supaya kita bisa memanggil Visual Studio Code melalui terminal.

Jangan lupa reload file .bash_profile supaya ada efeknya.

Masuk ke dalam folder dimana project yang dibuat pada langkah sebelumnya berada dan pada terminal ketikkan perintah berikut untuk membuka project di Visual Studio Code.

Screen Shot 2015-11-29 at 8.58.19 AM

Sekarang mari kita coba menjalankannya!

Langkah pertama adalah melakukan restore dependency dengan menggunakan perintah

Project ASP.NET 5 yang kita buat ini secara automatis sudah memiliki web server bawaan yang bernama kestrel dan dikonfigurasi secara automatis juga untuk menggunakannya. Bisa dilihat pada file project.json.

Pada bagian commands, maka perintah untuk menjalankan Kestrel adalah web.

Pada folder root dari project jalankan kestrel menggunakan perintah di bawah ini

Screen Shot 2015-11-29 at 9.19.11 AM

Silahkan buka localhost:5000. Selamat!, ASP.NET 5 memang bisa berjalan di Mac ?

Screen Shot 2015-11-29 at 9.20.39 AM

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *