Algoritma Bilangan Prima Java

[D]ari SD kita sudah diajari mengenal bilangan prima yaitu bilangan yang hanya bisa dibagi habis oleh angka 1 dan angka itu sendiri. Otak kita bekerja dengan hebat jadi bisa dengan mudah menyebutkan dereta bilangan prima mulai dari 2 dan seterusnya atau mengetahui suatu angka termasuk bilangan prima atau bukan.

Algoritma dan Struktur Data


Lalu bagaimana dengan komputer? dia hebat juga namum perlu kita kasih instruksi terlebih dahulu menggunakan bahasa pemrograman. Jika instruksinya salah makan komputer juga akan “berpikir” dengan salah. Salah yang dimaksud bukan kesalahan sintaks (syntax error) tetapi kesalahan logika (logical error).

Oke. sebelum lari ke implementasi bilangan prima menggunakan Java saya jabarkan dulu algoritma untuk mendapatkan deret bilangan prima.

1. Untuk mendapatkan suatu deret artinya kita butuh perulangan. Gunakan for loop

2. Untuk mengetahui suatu angka prima atau bukan perlu di lakukan pengecekan dengan sisa pembagian terhadp angka dibawahnya sampai angka 2 (misal 6: 6/5, 6/4, 6/3, 6/2). Angka pembagi didapatkan menggunakan perulangan, gunakan for loop lagi.

3. Buat suatu flag yang menandakan bilangan prima atau tidak dengan nilai default “true” artinya merupakan bilangan prima.

4. Saat perulangan pada langkah 2 berlangsung kita cek apakah sisa pembagian 0 (menggunakan modulo %). Jika iya kasih flag “false” dan perulangan dihentikan.

5. Setelah perulangan pada langkah 2 selesai dan tidak ditemukan adanya angka yang habis dibagi dengan angka dibawahnya (nilai flag tetap “true”) maka artinya itulah angka prima dan masukkan ke dalam colletion.

Baiklah mari melangkah ke implementasinya pada Java. Perhatikan dan pahami kode di bawah ini 🙂

Penggunaannya pada kelas utama bisa dilihat di bawah ini

Biar puas dan percaya maka berikut adalah keluarannya 😀

Semoga bermanfaat algoritma bilangan prima java ini

ps: soal seperti ini kadang masuk sebagai bahan tes tertulis maupun tes interview pada perusahaan software. Pengalaman pribadi :p

Facebook Comments
 

Agung Setiawan

Agung Setiawan adalah software engineer di BukaLapak.com, penulis sekaligus pecinta sastra, dan pembaca buku

 
Halo, perkenalkan saya Agung Setiawan.
Saya Software Engineer di BukaLapak.
Simak pemikian saya soal dunia Software Engineering via Twitter di @agungsetiawanmu dan facebook
Blog ini saya update seminggu sekali jadi sering-sering saja mampir
Mau belajar Vim bareng saya?
Belajar ngoding dari nol menggunakan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *